Esemka, Banyak Dicari di Google, Bukan Untuk Dibeli Tapi Dibully


Mobil Esemka Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2019

Baca link beritanya ngakak abis. Gimana gak ngakak, umumnya berita pencarian tentang otomotif di dominasi tentang spesifikasi kendaraan yang dicari. Namun untuk esemka, bukan itu yang populer. Yang dicari adalah kehebohan atas beritanya.

Pabrikan otomotif akhir tahun berlomba mempublikasikan pencapaian yang mereka torehkan. Mulai dari jumlah produksi, keuntungan yang didapatkan, dan peluncuran varian terbaru di awal tahun esok.

Untuk esemka, lain lagi. Pabrikan yang gak jadi mengusung nama mobil nasional ini malah mencatatkam hasil fenomenal dalam segi pencarian terpopuler tapi bukan dibeli, melainkan untuk dibully.

Muncul diawal sebagai kemasan mobil nasional, membuat esemka dinanti kiprahnya dimasa Jokowi. Membawa tanggung jawab atas janji suci saat melakoni walikota solo, esemka adalah hutang Jokowi yang harus ia tuntaskan.

Dasarnya memang gak mengerti sebuah proses, bahasa baku Jokowi persis perkataannya pada minggu ini tentang meningkatkan jumlah eskpor. Saat ditanya caranya bagaimana, ia akan enteng menjawab.

"Saya gak mau tau caranya..!!"

Begitu juga dengan esemka. Karena beban yang harus ia tunaikan, maka berbagai cara harus dilakukan agar proyek esemka berjalan di saat ia memimpin. Kebutuhan kampanye pemilu 2019 mendesak sehingga proyek esemka harus mengatrol mobil china.

Tukar emblem doank.

"Pokoknya esemka harus ada...!"

"Caranya pak?"

"Saya gak mau tau...pokoknya harus ada."

Mungkin begitulah percakapan imajiner tentang pengadaan esemka yang harus terlaksana. Dan ketika diresmikan dengan minim persiapan, yang muncul adalah kehebohan keberadaannya.

Pusing cari dealernya, masyarakat malah mencari beritanya aja. Gak mau tau bentuknya, malah tertarik bautnya made in mana. Gak pengen liat tenaga mesinnya, malah kepo dengan jumlah pekerjanya.

"Itu absen pekerjanya, sistim ceklok atau panggil nama satu persatu?"

Netizen +62 emang punya gaya buat nyentil ambisi negaranya sendiri. Nafsu buat mobil nasional, sekedar cangkul aja masih impor..!!

Mbelgedes..

By Setiawan Budi [fb]

loading...