Dubes Rusia Temui Anies Baswedan, Ada Apa?

Foto: Delegasi Moskow dan Dewan Bisnis Rusia, Cheremin Sergey (kiri Anies), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dua dari kanan), Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva (pojok kanan). 

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima tamu Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva serta Delegasi Moskow dan Dewan Bisnis Rusia, Cheremin Sergey, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Pada pertemuan tersebut Anies Baswedan menandatagani 4 poin kerja sama dengan pihak Pemerintah Kota Moskow.

Dikutip dari akun Instagram resmi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, @aniesbaswedan, Rabu (4/12/2019), Anies Baswedan mengunggah foto dirinya bersama Lyudmila Vorobyeva dan Cheremin Sergey.

Awalnya caption yang ditulis Anies Baswedan membahas soal patung pahlawan atau lebih akrab dengan nama Tugu Tani yang dipahat oleh seniman dari Rusia.

Patung yang berletak di Jakarta tersebut ternyata merupakan saksi sejarah hubungan Indonesia dan Rusia.

Kala itu, Uni Soviet memberikan patung tersebut sebagai hadiah kepada Indonesia di tahun 1963 sebagai tanda persahabatan.

Setelah membahas sekilas sejarah hubungan Indonesia dengan Rusia, Anies Baswedan membahas inti pertemuannya dengan delegasi dari Rusia tersebut.

Ia mengatakan tujuan dari kunjungan Cheremin Sergey ke Jakarta adalah untuk membangun kerja sama antara Jakarta dengan Moskow untuk periode 2020-2022.

Ada 4 sektor yang telah ditandatangani dalam kerja sama tersebut yakni,

- Pengembangan Inovatif dalam Manajemen Perkotaan⁣
- Penataan Kota⁣
- Lingkungan Perkotaan dan Perlindungan Lingkungan⁣
- Kepariwisataan dan Kebudayaan dan Warisan Budaya⁣

Terakhir, Anies Baswedan menyampaikan keinginannya untuk mempererat hubungan Indonesia-Rusia melalui kerja sama Jakarta-Moskow.

"Kita berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat besar bagi pemerintah kedua kota dan masyarakatnya, serta mampu memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Rusia dan sister city Jakarta-Moskow," kata Anies.