NEKAT! Sri Mulyani Lantik Eselon III dan IV, Padahal Jokowi Ingin Gantikan dengan Robot


[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan mengisi struktur jabatan Eselon II, III, IV, dan fungsional. Pelantikan dilakukan ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memangkas struktur eselon III dan IV.

Secara rinci, ada 25 pejabat baru di eselon II, 67 pejabat eselon III dan IV, serta 112 pejabat fungsional di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Bendahara negara menjelaskan para abdi negara ini tetap dilantik untuk masing-masing tingkat eselon karena merupakan pejabat fungsional. Pejabat fungsional merupakan pegawai yang memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak dalam suatu satuan tugas (satker).

Pegawai biasanya ditempatkan menjadi pejabat fungsional karena tugasnya didasari oleh suatu keahlian dan keterampilan tertentu yang bersifat mandiri. Hal ini berbeda dengan pejabat struktural yang jabatannya jelas ada di dalam struktur organisasi, misalnya dari eselon I A hingga IV B.

"Eselon III dan IV ini merupakan fungsi yang melayani atau memegang satker, itu tidak dihilangkan. Jadi memang tidak seluruh eselon III dan IV hilang, tapi yang memiliki fungsi pelayanan dan satker masih akan dipertahankan," jelas Sri Mulyani usai pelantikan di Kementerian Keuangan, Jumat 29 November 2019, seperti dilansir CNN.
loading...
Loading...