Maulid Nabi: Smart Revolution


Maulid Nabi: Smart Revolution

Ini waktunya kita memikirkan satu ilham paling besar dari peristiwa Maulid Nabi.. yaitu tentang "Smart Revolution".

Maulid Nabi adalah peristiwa paling besar yang pernah terjadi dalam sejarah manusia karena waktunya sangat singkat tapi perubahannya sangat fundamental, sangat menyeluruh dan abadi..

Saya menyebutnya "Smart Revolution" karena sumberdayanya sangat terbatas, waktunya sangat singkat tapi outputnya sangat besar.. Kecerdasan tampak pada kontras itu.

Jarak peradaban antara Jazirah Arab dengan Romawi dan Persi terlalu jauh.. namun hanya dalam waktu 2-3 dekade, dua adidaya itu seketika masuk dalam “Peta Wilayah Islam”.

Penjelasan dari "Smart Revolution" itu terletak pada Sistematika Perubahan yang dilakukan Rasulullah SAW.

Islam hadir sebagai “alat baca” bagi manusia terhadap alam sekitarnya dan kehidupannya secara keseluruhan.. lalu berkembang “alur cerita kehidupan” dan “peta jalan peradaban”.

“Alat baca” itu yang menciptakan shifting (perubahan -red) besar-besaran di alam pemikiran dan di alam jiwa para penggembala kambing Jazirah.. dan mengubah cara mereka melihat dan berinteraksi dengan alam sekitarnya.

“Alat baca” itu (Islam) mengubah mereka jadi “manusia pelaku” yang aktif dan berdaya.. lalu jadi “penakluk”. Alam adalah makhluk yang tunduk pada “desain” manusia.

“Manusia pelaku” itu adalah “desainer” yang memahami “kehendak Allah” dan “kebutuhan manusia”, lalu menata ulang alam materi dan kehidupan secara keseluruhan dalam dua basis itu.

Mindset sebagai “designer” dan “penakluk” itulah yang menjelaskan mengapa para penggembala kambing Jazirah Arab itu bisa mengubah diri mereka menjadi Pemimpin Peradaban.

Mindset itu pula yang membuat mereka bisa menempuh “jarak peradaban” yang jauh dalam waktu yang sangat singkat.

Tiba-tiba komunitas penggembala kambing itu berubah jadi air yang mengalir dengan arus yang deras.. sebab “alat baca” itu juga berfungsi sebagai “alur cerita kehidupan” dan “peta jalan peradaban”.

Sekarang kita membutuhkan “alat baca”, “alur cerita kehidupan”, “peta jalan peradaban” itu untuk memahami mengapa kehidupan di planet kita ini semakin kacau.. dan kekacauan ini sangat sistemik.

Ini seperti sebuah undangan terbuka bagi umat Muhammad SAW untuk memulai kembali gerakan "Smart Revolution".

Allahumma shalli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad.

Kobarkan semangat Indonesia!!

(Anis Matta)

Baca juga :