Saatnya Jokowi Rekonsiliasi dengan "Umat"


Saatnya Jokowi Rekonsiliasi dengan "Umat"

Setelah Jokowi mampu melakukan rekonsiliasi politik dan cukup berhasil, sekarang saatnya melakukan rekonsiliasi dengan umat. Sudah saatnya Jokowi merangkul Umat 212, tak bisa dipungkiri, Jokowi masih ada kesenjangan dengan Umat 212.

Yang pertama yang harus menertipkan pendukungnya yang menanam kebencian terhadap ulama-ulama yang dianggap berafiliasi 02 dan diboikot berulang kali diberbagai daerah dengan narasi radikal dan sebagainya. Seperti yang dialami UAS, dan beberapa ulama lain. Melindungi dakwahnya dan memberikan kebebasan, karena baru kali ini ada pemboikotan pengajian oleh ulama di era reformasi.

Narasi-narasi tuduhan sepihak bahwa ulama ini radikal dan sebagainya harus dihentikan, Jokowi bisa membangun kesatuan umat. Tidak ada lagi kontestasi politik kedepan, dan saya yakin umat juga bisa dirangkul untuk membangun bangsa dan diberikan peran-peran kebangsaan.

Peran ini bisa dipimpin oleh Kyai Ma'ruf untuk melakukan komunikasi dengan seluruh ormas Islam agar berperan dan mengakhiri keterbelahan.

Jika Jokowi mampu melakukan ini, insyaallah kedepan Indonesia semakin kompak dalam membangun bangsa dengan tantangan global yang semakin ketat.

Sekali lagi, keterbelahan harus diakhiri, biarlah partai politik yang beroposisi dengan perannya, tapi rakyatnya jangan diperadukan dilapangan.

(By Arka Atmaja)

loading...
Loading...