PKS Ajak Nasdem Jadi Oposisi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Departemen Politik DPP PKS Pipin Sopian menilai terlalu jauh penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang terhadap UU KPK dihubungkan dengan pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, ia merasa ada kejanggalan di balik pernyataan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang menyebut Jokowi dapat di makzulkan. Apalagi hanya karena Jokowi menerbitkan Perppu untuk membatalkan UU KPK.

“Saya sarankan Nasdem jadi oposisi bersama PKS,” ujar Sopian di Jakarta, Kamis 17 Oktober 2019.

Sopian menilai hal yang tak wajar jika peryataan itu dilontarkan oleh Ketum Nasdem. Apalagi, Nasdem sebagai pengusung Jokowi-Maruf pada Pilpres kemarin.

Dia mengatakan, pernyataan elite dan kader Nasdem itu memiliki target politis.  Yang pasti, terlampau jauh menganggap Perppu bisa menjadi pintu masuk pemakzulan presiden. Pemakzulan hanya bisa dilakukan bila presiden Jokowi terlibat kasua korupsi.

“Tapi kalau Perppu dikeluarkan lalu karena itu menjadi dasar Partai Nasdem mengajukan Jokowi di makzulkan di DPR dan MPR, saya kira itu terlampau jauh,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menilai Jokowi bisa saja dimakzulkan karena menerbitkan Perppu. Pernyataan itu untuk mengingatkan Jokowi tidak asal menerbitkan Perppu karena desakan masyarakat.

"Ini justru dipolitisir. Salah-salah presiden bisa diimpeach karena itu," kata Surya beberapa waktu lalu.

Sumber: TeropongSenayan

Baca juga :