Gubernur Papua Barat maupun Mabes Polri Tak Sebut FPI Penyebab Rusuh Papua, Kenapa FPI Yang DIFITNAH?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gak Ada Tuh Rusuh Papua Karena FPI, Kenapa FPI Yang DIFITNAH???

"gara2 FPI geruduk asrama Papua di Surabaya.. sekarang warga Papua marah tidak terima sampai rusuh bakar2an," begitu tudingan Permadi Arya alias Abu Janda.

Fitnah dan Provokasi seperti itu apa mau dibiarkan?

"Provokasi fitnah model begini tetep mau dibiarin nih? Cc @DivHumas_Polri," ujar @awemany.

***

Dalam kerusuhan Papua Senin kemarin, gak ada tuh FPI disebut-sebut.

Yang ada malah pejabat dan aparat yang disebut-sebut diduga pemicu aksi dan rusuh di Papua.

Rusuh Papua dipicu oleh dua hal:

(1) Pernyataan Wakil Wali Kota Malang yang akan memulangkan mahasiswa Papua

Pernyataan ini disampaikan Wakil Wali Kota Malang menyikapi unjuk rasa yang dilakukan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) di Kota Malang pada Kamis (15/8/2019). Unjuk rasa ini berakhir ricuh. Bentrok dengan warga. Demonstran juga memblokade jalan.

Gubernur Papua Barat Sebut Wawali Kota Malang Pemicu Kerusuhan

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menilai pernyataan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menjadi pemicu konflik secara masif di tanah Cendrawasih itu. Menurut Dominggus, konflik tersebut saat ini tidak hanya terjadi di Manokwari, bahkan merata di Papua.

"Kita tahu bersama ada statement dari Pak Wakil Wali Kota Malang kepada anak-anak mahasiswa yang ada di sana, yang minta ke mereka (penduduk Papua) tinggalkan Malang dan balik ke Papua, dan juga di Surabaya," kata Dominggus saat dihubungi, Senin (19/8).

Dominggus mengatakan, akibat pernyataan Ketua DPD Golkar Kota Malang itu, mahasiswa dan aktivis Papua menggelar aksi damai di Tanah Cendrawasih. Bukan hanya itu, masyarakat setempat juga ikut-ikutan menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.

Link: https://www.jpnn.com/news/gubernur-papua-barat-sebut-wawali-kota-malang-pemicu-kerusuhan

(2) Aksi balasan yang berujung kerusuhan di Papua juga dipicu oleh pernyataan rasis (kata-kata 'monyet') oleh oknum aparat saat geruduk asrama Papua di Surabaya

Manowakri Membara, Diduga Buntut Ucapan Oknum Aparat

Ucapan dari oknum yang diduga aparat keamanan saat menangkap sejumlah mahasiswa di asrama mahasiswa Papua, Jalan Kalasan No.10, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat diduga menjadi penyebab ribuan massa mengamuk dan rusuh di Manokwari, Senin (19/8/2019).

Diduga oknum itu mengucapkan sejumlah kata “kebun binatang” saat menangkap mahasiswa asal bumi Cendrawasih itu. Mereka sempat menangkap para mahasiswa itu dengan dugaan perusakan bendera yang diadukan ke kepolisian pada 16 Agustus.

“Rusuh di Manokwari pagi ini akibat video viral di medsos. Mereka tidak terima dengan sebutan ucapan (penghinaan) itu. Artinya ada penghinaanlah. Tapi di medsos kan belum tentu akunnya asli, masih didalami teman-teman siber. Intinya itu kemudian mereka unjuk rasa dan rusuh,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Senin .

Link: https://www.beritasatu.com/nasional/570369/manowakri-membara-diduga-buntut-ucapan-oknum-aparat

***

JADI... DARI 2 PERNYATAAN YANG DISAMPAIKAN OLEH GUBERNUR PAPUA BARAT DAN JUGA MABES POLRI...

PEMICU RUSUH PAPUA ITU:
(1) Pernyataan Wakil Wali Kota Malang
(2) Penghinaan/rasis (kata-kata Monyet) yang diduga dilakukan oknum aparat

TIDAK ADA FPI disebut-sebut penyebab rusuh Papua.

Terus kenapa FPI difitnah?

Apakah akan terus didiamkan provokator2 fitnah itu?

Berikut Bukti video kejadian. Dimana FPI nya?


loading...
Loading...