Komentar Cerdas AHY Terkait 'People Power' Yang Dilontarkan Amien Rais


[PORTAL-ISLAM.ID] Partai Demokrat tidak mau gegabah menanggapi pernyataan Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais yang menyebutkan lebih memilih people power jika pada Pemilu 2019 ditemukan kecurangan.

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan, memang ada dua penilaian terhadap demokrasi Indonesia saat ini khususnya jelang Pemilu.

"Sejumlah kalangan menilai kondisi keamanan Indonesia dalam kondisi yang baik-baik saja, namun potensi kericuhan bukan berarti tidak mungkin terjadi," ujar AHY sapaan akrabnya di sela-sela kampanye di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/4/2019).

"Ada pandangan lagi, ini gawat negara kita sudah sangat terpolarisasi, kompetisi semakin tidak sehat, perpecahan antar anak bangsa juga sangat mungkin terjadi jika Pemilu 2019 berjalan secara tidak damai adi dan juga demokratis," imbuhnya menambahkan.

AHY menyebut percikan-percikan dalam proses demokrasi memang sangat mungkin terjadi. Hanya saja, kata dia percikan tersebut janganlah terlalu didramatisir.

Dan yang lebih penting lagi, lanjut putra sulung SBY ini, semua aparat penyelenggara Pemilu harus tetap netral dan profesional dalam menjalankan tugas.

"Kita tidak mampu menghadapi resiko buruk, yaitu ketika terjadi kecurangan apalagi terjadi secara massif, terstruktur dan sistematis yang terjadi di sana-sini, sehingga membuat rakyat kita marah, rakyat kita kecewa, rakyat akhirnya turun ke jalan menuntut keadilan," demikian AHY.  [RMOL]