Dapat Beasiswa GARBI, Gadis Bercadar Penjual Cilok di Ciamis Akhirnya Bisa Kuliah


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ciamis - Impian seorang gadis bercadar, Nova Purpitasari (20), yang berjualan cilok 'Rindu Rasa' kini terwujud. Ia mendapat tawaran beasiswa dari organisasi masyarakat Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Ciamis.

Beasiswa itu untuk berkuliah di STAI Al Ma'arif di Imbanagara Raya, Ciamis, Jawa Barat. Seluruh biaya kuliah ditanggung 100 persen. Melihat peluang di depan mata, Nova langsung menerima tawaran tersebut.

Kabar gembira tersebut didapat Nova saat berjualan cilok di depan RS Permata Bunda Minggu (03/2/2019). Kebetulan saat itu Nova berjualan pada siang hari, padahal biasanya ia pada hari Minggu libur jualan. Nova mengaku didatangi tim Garbi Ciamis Bidang Perempuan. Lalu menawarkan beasiswa tersebut.

"Alhamdulillah senang, sedih campur aduk. Tapi sangat bersyukur karena bisa diberi kesempatan untuk mengejar cita-cita. Terimakasih bisa dipertemukan dengan orang-orang hebat yang banyak menginspirasi saya, semoga saya bisa menjaga amanah ini," ujar Nova Senin (4/2/2019).

Nova mengatakan beasiswa tersebut untuk perkuliahan di tahun ajaran baru sekitar bulan Juli-Agustus. Semula ia bercita-cita kuliah masuk jurusan pendidikan agama islam (PAI). Namun di STAI Al Ma'arif tidak ada jurusan tersebut. Nova memilih jurusan ekonomi syariah. Bagi Nova yang penting bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Meski dapat kesempatan bisa kuliah, tapi jualan cilok tetap jalan untuk biaya sehari-hari. Pihak kampusnya izinin jualan cilok di sana. Tinggal bilang ke bos cilok bisa tidaknya gerobak dibawa, kalau tidak bisa ya seperti biasa jualan di sekiar sini sebelum atau sesudah kuliah," katanya.

Nova mengaku telah menyampaikan kabar gembira tersebut kepada ibunya. Setelah bercerita ibunya langsung menangis, terharu karena cita-cita anaknya ingin berkuliah segera tercapai.

"Ibu sudah dikasih tahu, beliau nangis mungkin terharu dengan kabar saya bisa kuliah. Juga menyampaikan terimakasih kepada semua orang yang telah membantu saya," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Garbi Ciamis Jamiludin Hidayat membenarkan beasiswa yang ditawarkan kepada gadis bercadar penjual cilok tersebut. Setelah mengetahui kisahnya, Garbi tanpa basa-basi langsung menawarkan 100 persen beasiswa untuk kuliah di STAI Al Ma'arif, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

"Memang kami memiliki program beasiswa untuk 150 orang. Mekanismenya itu dari Garbi kecamatan mengajukan rekomendasi. Namun untuk Nova ini berbeda, kami sudah bertemu langsung dan kami tawarkan beasiswa. Nova juga langsung menerima tawaran kami, rencananya kuliah di ajaran baru tahun ini," ujar Jamiludin saat dihubungi via telepon.

Garbi melihat sosok Nova merupakan pekerja keras. Terutama untuk menggapai impiannya berkuliah dengan rela berjualan cilok keliling. Atas dasar itu, Garbi meyakini Nova akan sungguh-sungguh menerima program beasiswa tersebut. Ia tidak akan mengecewakan pihak yang telah memberinya beasiswa.

Sumber: Detikcom