Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi Tewas Misterius dalam Kecelakaan di Riyadh


[PORTAL-ISLAM.ID] Salah seorang yang diduga terlibat membunuh jurnalis Jamal Khashoggi tewas dalam kecelakaan mobil yang ganjil di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (18/10/2018).

Mashal Saad al-Bostani tewas dalam kecelakaan mobil beberapa hari setelah kembali dari Turki. Menurut surat kabar Turki, Yeni Safak, al-Bostani merupakan anggota pasukan angkatan udara Kerajaan Arab Saudi berpangkat letnan. Al-Bostani tewas saat berusia masih muda, 31 tahun.

Tidak ada penjelasan rinci tentang kecelakaan lalu lintas yang menewaskan al-Bostani di Riyadh dan perannya dalam pembunuhan Jamal Khashoggi.

Beberapa saat setelah Kematian al-Bostani, kolumnis harian Turki, Hürriyet, Abdulkadir Selvi mengatakan, konsuler Arab Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi bisa menjadi target berikutnya karena Putra Mahkota Mohammad bin Salman akan melakukan apapun untuk menyingkirkan bukti.

(Konsul Jenderal Arab Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi) 

Suara Al-Otaibi ada dalam rekaman audio pembunuhan khashoggi yang dimiliki otoritas Turki. Al-Otaibi mengatakan kepada para interogator untuk membunuh Khashoggi di tempat lain di luar konsulat atau dirinya akan mendapat masalah. Al-Otaibi diancam untuk tutup mulut jika dirinya ingin tetap hidup ketika kembali ke Arab Saudi.

Konsul Jenderal Arab Saudi di Istanbul Al-Otaibi akhirnya kembali ke Arab Saudi pada 16 Oktober atau sebelum rumahnya di Istanbul digeledah oleh polisi Turki selama lebih dari delapan jam pada 17-18 Oktober.

Surat kabar Daily Sabah telah merilis foto 15 orang yang diduga Skuad Pembunuh yang menghabisi Jamal Khashoggi yang hilang sejak 2 Oktober lalu saat mendatangi konsulat Arab Saudi di Istanbul.


The New York Times melaporkan salah seorang terduga pembunuh adalah Maher Abdulaziz M. Mutreb, yang menjadi pengawal pribadi putra mahkota Mohammed bin Salman.

Perwira intelijen berusia 47 tahun yang sebelumnya bertugas di kedutaan Arab Saudi di London ini, mendarat di Istanbul pada 3:38 pagi pada 2 Oktober dan pergi ke konsulat negaranya di Istanbul pada jam 9:55 pagi.

Beberapa jam setelah kedatangan dan hilangnya Khashoggi, Mutreb meninggalkan konsulat dan mengunjungi kediaman konsul pada jam 16:53, meninggalkan hotelnya pada jam 17:15 dan tiba di Bandara Atatürk untuk perjalanan kembali dengan jet pribadi pada jam 17:58.

Sumber: http://www.hurriyetdailynews.com/saudi-suspect-in-khashoggi-case-dies-in-car-accident-report-138007