NYT: Tersangka Pembunuh Khashoggi Pengawal Pangeran Mahkota Salman

(Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, tiba di Madrid, Spanyol. Maher Abdulaziz Mutreb dapat dilihat menuruni tangga dari pesawat, menurut New York Times)

[PORTAL-ISLAM.ID] Seorang tersangka yang terkait kasus hilangnya jurnalis kawakan asal Arab Saudi Jamal Khashoggi tahun ini terlihat mengiringi kunjungan Pangeran Mahkota Salman ke AS, Spanyol dan Perancis, kata harian New York Times (NYT) dalam laporan khususnya.

Harian itu juga merilis beberapa foto Maher Abdulasis Mutreb yang disebut sebagai pengawal pribadi (bodyguard) Pangeran Salman. Dia terlihat mendampingi Pangeran Mahkota Arab Saudi dalam kunjungan ke beberapa negara.

Selanjutnya NYT menulis, tiga tersangka lain juga berasal dari pasukan pengawal Pangeran Salman. Sedangkan satu orang lain diduga pejabat tinggi tim forensik Arab Saudi.

Aparat keamanan Turki baru-baru ini menyebut ada sekitar 15 tersangka yang tersangkut "pembunuhan" Jamal Khashoggi di gedung konsulat arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Sedikitnya 9 tersangka berasal dari aparat keamanan, militer atau bekerja di kementerian Arab Saudi.

Hasil investigasi jurnalistik

NYT mengatakan, mereka mengidentifikasi tersangka berdasarkan hasil pencarian dengan piranti lunak pengenal wajah, bank data dengan nomor telepon selular Arab Saudi, dokumen-dokumen Arab Saudi yang sudah dipublikasi, keterangan saksi dan laporan media-media lain.


Beberapa media melaporkan, Arab Saudi kini menyiapkan keterangan resmi dengan skenario bahwa Kamal Khashoggi tidak sengaja terbunuh oleh aparat keamanan yang hanya ditugaskan untuk menculiknya. Namun selama interogasi di Turki, beberapa orang "kehilangan kesabaran".

Pemerintah Arab Saudi hingga kini membantah keras semua tuduhan mengenai keterlibatannya dalam kasus ini. Jamal Khashoggi yang memiliki paspor Arab Saudi hingga kini dinyatakan hilang, setelah mendatangi konsulat Arab Sudi di Istanbul untuk urusan adnministratif.


Jamal Khashoggi adalah seorang warga negara Saudi yang juga penduduk Amerika Serikat, telah menjadi kontributor The Washington Post dan seorang kritikus rezim Saudi, terutama putra mahkota Salman. Khashoggi, 59, telah tinggal di AS selama setahun di pengasingan dan menulis kolom sendiri untuk bagian opini di The Washington Post.

Operasi satuan khusus?

Para penyidik Turki terutama menyelidiki 15 warga Arab Saudi yang disebut-sebut sebagai tim komando khusus yang tiba di Istanbul pada hari menghilangnya Jamal Khashoggi.

(Media Turki merilis 15 foto yang diduga Skuad Pembunuh Khashoggi. Maher Abdulaziz Mutreb yang dilingkari merah)

Negara-negara industri yang tergabung dalam kelompok G-7 dan pejabat urusan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini menuntut "keterangan jelas" dan klarifikasi dari Riyadh. Kelompok G-7 terdiri dari AS, Inggris, Perancis, Kanada, Jerman, Jepang dan Italia.

Namun sikap pemerintah AS sedikit melunak setelah Presiden Donald Trump menegaskan tidak akan ada sanksi ekonomi berat terhadap Arab Saudi. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang datang ke Riyadh dan bertemu dengan Putra Mahkota Pangeran Salman mengatakan hari Selasa (17/10), dia percaya bahwa pimpinan Arab Saudi "akan bekerja serius menemukan dan mengungkapkan semua fakta secara kredibel serta menjamin kredibilitas para pejabat tinggi Arab Saudi".

Menurut Presiden AS Donald Trump, Pangeran Salman sebelumnya sudah menegaskan kepadanya bahwa jajaran pimpinan di Arab Saudi tidak mengetahui apa yang telah terjadi di konsulatnya di Istanbul. Trump mengatakan kepada kantor beriota AP, prinsip praduga tak bersalah juga harus berlaku untuk Arab Saudi.

(Baca: Media Turki Merilis Transkrip Rekaman Audio Pembunuhan dan Mutilasi Jamal Khashoggi)

Sumber:
- https://www.nytimes.com/2018/10/16/world/middleeast/khashoggi-saudi-prince.html
- https://www.businessinsider.com.au/jamal-khashoggi-disappearance-suspect-could-be-colleague-of-mohammed-bin-salman-2018-10
- https://nypost.com/2018/10/16/suspects-idd-in-khashoggis-disappearance-reportedly-have-ties-to-saudi-crown-prince/

Baca juga :