Menang Pemilu Sela, Anwar Ibrahim Selangkah Lagi Jadi PM Malaysia


[PORTAL-ISLAM.ID] Anwar Ibrahim, 71, menandai kembalinya ia ke politik Malaysia setelah berhasil memenangi suara mayoritas pemilu sela di distrik Port Dickson yang digelar Sabtu (13/10/2018) kemarin.

Komisi Pemilihan telah menyatakan Anwar Ibrahim sebagai pemenang pemilihan Port Dickson, mengalahkan enam orang lainnya.

Anwar mengumpulkan total 31.016 suara atau 71%, mengalahkan saingan terdekatnya, PAS Mohd Nazari Mokhtar yang memperoleh 7.456 suara.

Calon lainnya tertinggal jauh: bekas menteri negara Sembilan besar Isa Samad mendapat 4.230 suara, Stevie Chan Keng Leong (337 suara), Lau Seck Yan (214 suara), Kan Chee Yuen (154 suara) dan mantan pembantu Anwar, Mohd Saiful Bukhari Azlan yang hanya mendapat 82 suara.

Saiful merupakan orang yang menjebloskan Anwar ke penjara pada 2008 silam. Dia mengklaim bahwa dirinya adalah korban sodomi Anwar di sebuah kondominium di Bukit Damansara, Kuala Lumpur.

Pilihan raya kecil atau pemilu sela di Port Dickson dilakukan setelah anggota parlemen dari distrik tersebut, Danyal Balagopal Abdullah dari koalisi Pakatan Harapan, mengundurkan diri untuk memberi jalan Anwar menjadi anggota parlemen.

Kemenangan Anwar hari ini menghilangkan rintangan terakhir untuk menuju kursi Perdana Menteri Malaysia menggantikan Mahathir Mohamad.

Mahathir yang berhasil menjungkalkan Najib Razak dari kursi perdana menteri pada tahun ini memang menyatakan dirinya hanya akan berada di kursi kepemimpinan itu tak sampai akhir periode. Mahathir akan menduduki kursi PM Malaysia sambil menunggu persyaratan Anwar Ibrahim, dimana sesuai konstitusi Malasyia syarat menjadi Perdana Menteri adalah menjadi anggota parlemen dulu.

Anwar Ibrahim saat digelarnya Pilihan raya umum Malaysia ke-14 (PRU-14) pada 9 Mei 2018 lalu, masih berstatus tahanan penjara karena kriminalisasi kasus sodomi.

Anwar Ibrahim akhirnya membangun koalisi dengan Mahathir Mohamad membentuk Pakatan Harapan yang pada pemilu 9 Mei lalu berhasil mengalahkan koalisi petahana pimpinan mantan perdana menteri Najib Razak.

Setelah koalisi Pakatan Harapan menang pemilu dan Mahathir Mohamad jadi Perdana Menteri, Anwar Ibrahim mendapat pengampunan dari Raja Malaysia dan dibebaskan serta diperbolehkan lagi terjun di politik.

Dengan kemenangan di pemilu sela, kini Anwar Ibrahim jadi anggota parlemen, dan selangkah lagi menjadi Perdana Menteri Malaysia.


Sumber:
- https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2018/10/13/anwar-wins-in-port-dickson-saiful-biggest-loser/
- DLL