SMRC: Generasi Milenial Pengguna Aktif Internet Dukung Prabowo


[PORTAL-ISLAM.ID]  Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengaku pihaknya telah menemukan adanya fenomena baru terkait dukungan golongan milenial dalam Pilpres 2019.

Temuan baru itu adalah golongan milenial yang makin sering menggunakan internet akan memiliki kecenderungan memilih bakal cawapres Prabowo Subianto pada pilpres 2019.

“Kenapa begitu karena ada fenomena makin sering menggunakan internet kencenderungan menguat kepada dukungan untuk Prabowo makin besar,” ujar Djayadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Ahad 19 Agustus 2018. 

Djayadi Hanan menyebut satu karakteriktiknya generasi milenial adalah pengguna aktif internet.

Generasi milenial yang menggunakan aktif intenet lebih banyak di perkotaan dibandingkan di pedesaan.

“Pengguna internet di pedesan saat ini 27 persen, pengguna internet di perkotaan itu lebih dari 50 persen, itu artinya pengguna internet di perkotaan lebih banyak,” ujar Djayadi Hanan.

Menurut survei yang dilakukan SMRC pemilihan milenial di perkotaan cendurung berimbang memilih Prabowo ataupun Joko Widodo (Jokowi).

“Di perkotaan menurut survei SMRC, setahun terakhir Prabowo cenderung kedudukannya berimbang dengan Jokowi,” ujar Djayadi.

Karena itu, Jayadi mengatakan dalam urusan milenial tantangan bagi Prabowo adalah bagaimana mengambil milenial yang ada di desa.

Di kubu lain, tantangan bagi Jokowi adalah bagaimana memperbesar, mempertahankan, dan membuat suaranya unggul di perkotaan lebih besar.

“Karena milenial pemilihnya menurut data yang saya punya 55 persen kurang lebih jadi tidak bisa diabaikan,” ucapnya.

Sumber: Swa
Baca juga :