SAH! Anies Resmi Teken Pergub Rumah DP 0 Rupiah, Warga Jakarta Menyambut Gembira


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur program rumah DP 0 rupiah.

"Pergub untuk membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) alhamdulillah sudah ditandatangani Pak Gubernur. Sekarang kami akan mengisi sumber daya manusianya," ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Jakarta, Selasa (17/4/2018), seperti dilansir Liputan6.com.

Sandi mengatakan, rencananya dalam waktu dekat juga segera merampungkan Pergub lainnya. Pergub itu mengatur konsep pembiayaan rumah DP 0 rupiah.

"Insyaallah penjualannya April atau awal Mei," ujar Sandi.

Sandi berharap, dengan terbitnya pergub tersebut, program rumah DP 0 rupiah bisa langsung dijalankan. Sehingga warga Jakarta akan memiliki hunian layak dan memiliki rumah sendiri.

Langsung Proses

"Sudah langsung bisa diproses. Ini merupakan awal dari sebuah lembaran baru untuk hunian terjangkau yang nanti insyaallah akan jadi menjawab harapan masyarakat Jakarta untuk miliki rumahnya sendiri," ungkap Sandi.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan 250 ribu unit rumah susun yang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) DKI 2018-2022.

Sejumlah warga melihat bangunan rumah DP 0 Rupiah di Pesona Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (2/3). PT Nusa Kirana selaku pengembang proyek DP 0 Rupiah di Rorotan, mematok harga sebesar Rp 350 juta per unit. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Janji Yang Dilunasi

Pada awal Januari 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking program DP Nol Rupiah.

Groundbreaking dilakukan di lokasi pembangunan yang terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Anies menegaskan peresmian program DP Rp0 merupakan langkah merealisasikan janji kampanye.

"DP Rp0 bagian dari 23 janji kampanye saya dan Sandi. Salah satu janji yang paling diingat warga dilunasi hari ini," katanya di Pondok Kepala, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

Anies mengatakan, janji adalah komitmen yang harus dilaksanakan. Ia menyatakan tak ingin ada janji selama masa kampanye yang tidak dijalankan.

[Simak video Liputan warga gembira sambut rumah DP Rp 0]