"KLAIM" Jokowi Pemerintah Indonesia Bangun RS di Rakhine State (Rohingya), Ini Tanggapan MER-C


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Presiden Joko Widodo dalam pernyataan resminya menyatakan Pemerintah Indonesia akan terus memberikan bantuan kepada masyarakat Rohingya yang berada di Rakhine State, Myanmar.

Jokowi mengatakan Pemerintah akan segera membangun rumah sakit di Rakhine State, yang akan dimulai pada tahun ini.

"Pemerintah segera membangun rumah sakit yang akan dimulai bulan Oktober yang akan datang di Rakhine State," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (3/9/2017) malam.

Link: http://www.tribunnews.com/nasional/2017/09/03/jokowi-pemerintah-indonesia-akan-bangun-rumah-sakit-di-rakhine-state

***

Rumah Sakit di Rakhine State merupakan prakarsa dari MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) yang merupakan salah satu lembaga kemanusiaan NGO (Non-Governmental Organization) di Indonesia.

TERKAIT pernyataan Presiden Jokowi dan pertanyaan dari publik, berikut tanggapan dari pihak MER-C melalui media sosial Twitter (@RSIndonesia):

1. Pasca keterangan pers oleh Presiden @jokowi, bertebaran meme ttg 'klaim' pemerintah atas RS Indonesia di Rakhine State. 

2. Netizen me-mention akun ini, seolah klaim tsb tidak benar. Bahwa pemerintah mengambil untung atas kerja kemanusiaan @mercindonesia.

3. Karenanya, kami sampaikan bahwa project RS Indonesia di Rakhine State dilakukan bersama MER-C dan @palangmerah (PMI).

4. Project ini adalah upaya jangka panjang bantuan sejak misi 2012. Relawan MER-C difasilitasi KBRI Yangoon bisa masuk ke camp pengungsian.

5. Kondisi di camp sangat memprihatinkan. Selain terisolir, kebutuhan pengungsi akan kesehatan juga sangat kurang.

6. Kondisi berbeda dg yg dialami pengungsi beragama Budha. Mereka bebas keluar masuk dan mendapat fasilitas kesehatan.

7. Setelah negosiasi dg Ministry of State di Sittwe, Mei 2015 tim membayar pengalihan lahan di daerah Mrauk U sbg lokasi RS Indonesia.

8. Di lokasi ini, berada di tengah2 populasi Muslim dan Budha. Shg diharapkan bisa menjadi netral zone bagi kedua pihak.

9. @Pak_JK ternyata disurati oleh Presiden Myanmar mengenai progres RS yang tertunda. Dana MER-C donasi masyarakat belum cukup.

10. @Pak_JK lalu memanggil WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia) dan PMI utk bisa bersama membangun RS ini. @Pak_JK sblmnya sdh masuk dan menyalurkan bantuan utk Rohingya,

11. Adalah ide @Pak_JK melibatkan WALUBI agar mjd role model bagi dunia bahwa di Indonesia Muslim-Budha bisa bergandengan tangan.

12. RS ini, selain memberikan layanan kesehatan, jg diproyeksikan sbg katalisator resolusi konflik. Warga bisa komunikasi dan damai kembali.

13. Rupanya, nama Indonesia yg selalu disematkan dlm setiap project RS kami menarik pihak2 tertentu bahwa itu adalah milik pemerintah.

14. Padahal, penggunaan nama Indonesia, sedari awal, adalah dedikasi bagi negeri dan agar membawa kebanggan nasional di tingkat dunia.

15. Saat ini, proses pembangunan RS Indonesia akan berlanjut ke tahap 2 yaitu pembangunan rumah utk dokter/ staf medis yg akan bertugas.

16. Tahap 1 berupa perataan lahan dan pembuatan pagar sdh selesai dan pembayaran akhir dilakukan bulan ini.

17. Pembangunan tahap 3 berupa bangunan inti RS, menunggu musim hujan reda yg biasanya diikuti badai tropis.

18. Perkiraan pertengahan tahun 2018 RS Indonesia rampung dibangun. Semoga dan doakan lancar.

19. Dukung pembangunan #RSIndonesia sbg bagian resolusi konflik di Rakhine State.

20. Donasi:


Baca juga :