SAYA PAMIT

Tahun 2019 lalu, Ria Ricis, sebagai salah satu YouTuber terbesar di Indonesia, tetiba pamit. Khalayak tersentak. Videonya pun viral. Ditonton lebih 10 juta orang.

Gak lama kemudian, eeh dia nongol lagi. Ketawa-ketiwi. Orang-orang ngerasa kena prank. Tapi Ricis santuy. Jualan drama kesedihan berhasil meraup cuan. 10 juta view itu lumayan. Bodo amat sama orang-orang, siapa suruh klean baper menerjemahkan kata Pamit.
Ricis pun dianggap pelopor konten seperti itu. Banyak yang tetiba ngikutin caranya.

Barusan saya iseng cek arti kata Pamit di kamus online :
Pamit/pa·mit/ v permisi akan pergi (berangkat, pulang); minta diri;

Gak ada definisi lain. Pamit ya pamit alias akan pergi. Selesai urusan. Kalo mau balik lagi, dipastikan dong pamitnya sementara saja. Gak ada tersirat pamit untuk selamanya.
Bisa diganti narasi istirahat kek, Pergi untuk kembali kek, hibernasi, rehat sejedag, atau apa gitu. Atau mending sekalian I'll be back, biar kayak Terminator.

Nah, pertanyaannya...
Kalo ada brand muslim yang notabene paham syariat, orientasi akhirat, trus ikut pake cara-cara marketing seperti ini, kira-kira gimana menurut klean?

(Arham Rasyid)

Baca juga :