Pemimpin Hamas Hadiri Pemakaman Presiden Iran di Teheran

[PORTAL-ISLAM.IDTEHERAN – Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, tiba di Teheran pada Rabu (22/5/2024) untuk menghadiri pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian.

Haniyeh memimpin delegasi pimpinan gerakan Perlawanan Palestina untuk menyampaikan belasungkawa atas kehilangan tragis tersebut.

Para jenderal militer berpangkat tinggi, para pemimpin Korps Garda Revolusi Islam, dan perwakilan kelompok perlawanan regional, termasuk gerakan Perlawanan Libanon Hizbullah, menghadiri prosesi tersebut ketika para pemimpin Iran berduka atas kematian Raisi (63) dalam kecelakaan helikopter yang terjadi pada Ahad (19/5/2024).

Upacara pemakaman pada Rabu (22/5/2024) adalah salah satu dari beberapa rencana sebelum pemakaman Raisi di Masyhad hari ini. Hadirin termasuk Emir Qatar Sheikh Tamim, Presiden Tunisia Kais Saied, dan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al Sudani.

Perdana Menteri Qatar dan Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani juga menghadiri pemakaman tersebut, sebagaimana dilansir Qatar News Agency.

Delegasi Libanon termasuk Ketua Parlemen Nabih Berri dan Menteri Luar Negeri sementara Abdallah Bou Habib melakukan perjalanan ke Teheran untuk menyampaikan belasungkawa, sebagaimana dilansir Kantor Berita Nasional Libanon.

Perwakilan dari China, Pakistan, dan negara-negara lain diperkirakan tiba pada Rabu malam (22/5).

Pidato Haniyeh

Di pemakaman tersebut, Haniyeh menyampaikan pidato singkat atas nama rakyat Palestina dan kelompok Perlawanan Palestina, dimana ia mengatakan bahwa Gaza akan terus melakukan perlawanan hingga pembebasan Palestina.

Di bawah ini adalah pidato lengkapnya, sebagaimana disampaikan melalui saluran Telegram Resistance News Network.

“Kami datang hari ini atas nama rakyat Palestina, atas nama faksi-faksi di tanah Palestina, dan atas nama kebanggaan Gaza untuk menyampaikan belasungkawa.

Almarhum presiden menegaskan kepada kita bahwa perjuangan Palestina adalah inti dari perjuangan bangsa ini dan bahwa perlawanan adalah pilihan strategis untuk proyek pembebasan.

Mendiang presiden meyakinkan kita bahwa Iran akan terus mendukung perlawanan Palestina sampai aspirasi rakyat dan bangsa tercapai.

Almarhum presiden mengatakan kepada kita bahwa Banjir Al-Aqsa adalah gempa bumi yang melanda entitas Zionis, dan hal ini membawa perubahan bersejarah di tingkat global.

Dari sini, kami menegaskan bahwa Gaza akan melanjutkan perlawanan hingga pembebasan seluruh wilayah, dengan Al-Quds yang diberkati sebagai pusatnya.

Di hadapan para pemimpin Poros Perlawanan, kami diyakinkan bahwa Republik akan melanjutkan kebijakan dan prinsip-prinsipnya di bawah bimbingan pemimpinnya dalam mendukung Palestina dan perlawanan.”
Baca juga :