Pemain Muslim Ademola Lookman Jadi Pahlawan Kemenangan Atalanta Juara Liga Eropa 2023-2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Klub Italia Atalanta menjadi juara baru Liga Europa setelah mengakhiri catatan tak terkalahkan Bayer Leverkusen dengan kemenangan 3-0 dalam pertandingan final di Dublin Arena atau Stadion Aviva, Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. 

Ademola Lookman menjadi pahlawan kemenangan Atalanta berkat hattrik tiga golnya. Semua gol dicetak Ademola Lukman di menit 12, 26, dan 75 !!!

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri penantian panjang klub asal Kota Bergamo, Italia ini meraih trofi. Sebab, terakhir kali Atalanta mengangkat trofi terjadi 61 tahun lalu ketika menjuarai Coppa Italia 1963.

Siapa Ademola Lookman?

Nama lengkap Ademola Lookman adalah Ademola Lookman Olajade Alade Aylola Lookman. Dia adalah pesepakbola profesional Nigeria yang saat ini bermain sebagai gelandang untuk klub Italia Atalanta dan tim nasional Nigeria. Dia melakukan debut seniornya untuk Charlton Athletic pada tahun 2015, bermain sebagai penyerang dan pemain sayap sebelum bergabung dengan Everton.

Ademola Lookman lahir pada tanggal 20 Oktober 1997, di Wandsworth, barat daya London, dari orang tua Nigeria. Agamanya Islam. Dia kuliah di St Thomas the Rasul College di Peckham, di mana dia unggul secara akademis di GCSE. 

Lookman memulai karir sepak bola profesionalnya dengan akademi Charlton Athletic pada tahun 2014 dan sejak itu bermain untuk banyak tim berbeda. Dia bermain untuk tim muda Inggris (U-19, U-20, U-21) di tingkat nasional, memenangkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2017, tetapi kemudian berpindah kewarganegaraan untuk mewakili Nigeria di tingkat senior.

Lookman memulai karir seniornya pada tahun 2015 ketika dia bermain sebagai penyerang untuk Charlton Athletic di Championship. Pada Januari 2017, ia bergabung dengan Everton, di mana ia lebih banyak tampil sebagai pemain sayap. 

Dia telah mewakili Inggris di beberapa level junior sebelum melakukan debutnya untuk Nigeria pada tahun 2022. 

Setelah bergabung dengan akademi Charlton Athletic pada tahun 2014, Lookman dengan cepat naik karirnya, melakukan debut tim utama pada bulan November 2015. Keterampilan mencetak golnya jelas, dan itu berkontribusi besar terhadap kesuksesan tim. Pada Januari 2017, Lookman menandatangani kontrak berdurasi empat setengah tahun dengan Everton. Meskipun sebelumnya ada laporan bahwa dia tidak akan dipinjamkan, dia bergabung dengan RB Leipzig di Bundesliga untuk musim 2017-18. Lookman kembali ke RB Leipzig pada 2019 dan kemudian dipinjamkan ke Fulham dan Leicester City.

Ademola Lookman menandatangani kontrak berdurasi empat tahun dengan klub Serie A Atalanta pada 4 Agustus 2022, mencetak gol pada debutnya dan menghasilkan penampilan luar biasa. 

Dan kini dia jadi pahlawan kemenangan Atalanta menjuarai Liga Europa 2023-2024.

[Atalanta v Bayer Leverkusen | Europa League 23/24 | Match Highlights]
Baca juga :