TOLONG INGATKAN ORANG INI UNTUK STOP BIKIN KONTEN SESAT!

TOLONG INGATKAN ORANG INI UNTUK STOP BIKIN KONTEN SESAT!

Orang ini semakin ngawur saja. Di video yang ini dia bilang, kitab Ta'lim Muta'alim (Panduan Adab Mencari Ilmu) penyebab pendidikan Islam gak berkembang.

Ini orang cuma modal “ndobos” saja dalam menyimpulkan. Cuma baca 1-2 bacaan lalu bikin konten di luar kompetensinya.

Dia sebut pengarang Ta'lim Imam al-Zarnuji sebagai orang yang nggak jelas karena tidak diketahui tahun lahir dan wafatnya serta hidup di mana.

Di zaman yang semudah ini dia tak bisa menemukan profil al-Zarnuji, yang berarti memang orang ini nggak kompeten, nggak kredibel, dan nggak ngerti apa-apa soal dunia pendidikan Islam, apalagi soal Islam, meskipun ngakunya dia seorang guru.

Kalau mau tahu soal al-Zarnuji, Googling saja gampang didapat, semisal berikut:




Atau kalau dia males, kan bisa baca-baca di Wikipedia. Ada tuh yang versi bahasa Inggris dan bahasa Arab. Media online juga banyak yang menurunkan artikel tentang profil Imam al-Zarnuji.

Mengenal Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Panduan Etika Mencari Ilmu

Kalau orang ini bilang profil Imam al-Zarnuji gak jelas, justru orang inilah yang lebih gak jelas lagi profilnya.

Nama aslinya aja gak jelas. Kontribusinya untuk bangsa dan umat gak jelas. Yang jelas orang-orang seperti ini yang menjauhkan umat dari kemajuan. Konten-kontennya menyesatkan.

Sekali lagi, tolong kasih tahu orang ini untuk berhenti membuat konten-konten yang sensitif tanpa riset yang memadai. Kritik boleh, tapi jangan asbun.

Menyimpulkan bahwa pendidikan Islam tidak berkembang gegara Ta'lim Muta'alim, jelas menandakan dia gak paham bagaimana dampak penjajahan di dunia Islam sejak abad 16 hingga 20 bahkan 21. Penjajahan di dunia muslim lah yang memundurkan dan bahkan mematikan potensi besarnya.

Meski begitu dunia Islam tak pernah henti melahirkan ulama, cendekiawan, dan ilmuwan yang mencerdaskan. Bukan seperti orang ini! 

(Syarif)

Baca juga :