[BREAKING Sidang MK] Romo Magnis singgung Etika Presiden: Memakai Kekuasaan Untuk Menguntungkan Keluarga Adalah Mirip Pimpinan Organisasi MAFIA

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA – Filsuf Franz-Magnis Suseno atau Romo Magnis menjadi saksi ahli dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Selasa (2/4/2024).

Romo Magnis hadir sebagai ahli yang dihadirkan pasangan calon (paslon) nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD selaku pemohon. Dalam pengantarnya, dia menyinggung perihal etika dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, termasuk etika seorang presiden.

“Presiden adalah penguasa atas seluruh masyarakat. Oleh karena itu, ada hal yang khusus yang dituntut dari padanya dari sudut etika,” katanya dalam sidang di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Magnis berpendapat, seorang presiden harus menunjukkan kesadaran bahwa yang menjadi tanggung jawabnya adalah keselamatan seluruh bangsa.

Dia menilai bahwa segala kesan yang menunjukkan presiden memakai kekuasaan demi keuntungannya sendiri atau demi keuntungan keluarganya adalah fatal.

"Segala kesan bahwa ia memakai kekuasaannya demi keuntungannya sendiri atau keuntungan keluarganya adalah fatal," kata Romo.

“Memakai kekuasaan untuk menguntungkan pihak-pihak tertentu membuat presiden menjadi mirip dengan pimpinan organisasi mafia,” tegas Romo Magnis.

🔴SIMAK SELENGKAPNYA VIDEO...

[VIDEO]
Baca juga :