3 ORANG YANG BOLEH MEMINTA-MINTA

3 ORANG YANG BOLEH MEMINTA-MINTA

Oleh: Saptuari Sugiharto 
(owner Tengkleng HOHAH)

Masjid Al Mujahidin lokasinya 100 meter di selatan @tengklenghohah kalau Subuhan pun makmur. Bisa sampai 6-7 shaf jamaah. Setiap habis subuh ada taklim pembacaan hadist-hadist Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.

Pagi ini ustadz Teguh Zuhair membacakan satu hadist tentang 3 orang yang terpaksa boleh meminta-minta.

1. Orang yang karena satu hal memiliki beban hidup yang sangat berat, misal karena anaknya banyak, sakit, sedang tidak bekerja, boleh meminta secukupnya sampai kebutuhan pokoknya terpenuhi. Setelah itu harus bekerja lagi mencari rezekinya sendiri.

2. Orang yang terkena musibah, bencana alam, yang menghabiskan hartanya. Secukupnya sampai kondisi aman dan lebih baik.

3. Orang yang miskin di kampungnya dan ada 3 orang saksi tetangga yang menyatakan bahwa orang tersebut memang miskin. Maka boleh meminta secukupnya untuk kebutuhan pokoknya.

Profesi pengemis haram, mendatangkan iba dengan meminta-minta, banyak yang berklamufase menjadi pengemis dengan kostum compang-camping, dapat uang ratusan ribu sehari, bisa punya rumah, motor bahkan mobil dengan meminta-minta. Uangnya haram dan tidak berkah

Yang sedang hot mengajari anak-anak jadi peminta-minta ketika lebaran, bahkan dimodif bisa ngasih uang lewat kode QRIS di kaos atau atribut di badan anaknya, juga tidak pantas. 

Lebih mulia memang orang yang MEMINTA HANYA pada ALLAH saja. Dalam kondisi kepepet apapun, lebih memilih sholat, nangis, dan minta langsung pada ALLAH.. agar dihadirkan pertolongan dari jalan tidak terduga, tanpa pernah menadagkan tangan pada manusia.. 

Demikian, semoga ALLAH membimbing kita selalu di jalan kebaikan.. Aaamiiin 🤲

(fb)
Baca juga :