Israel Tak Bisa Kalahkan Hamas

πŸ”»The Wall Street Journal, mengutip tentara pendudukan:

- Tentara israel tidak menemukan solusi sistematis untuk menemukan terowongan Hamas di Jalur Gaza. Mematikan perlawanan dari terowongan, nyatanya masih merupakan tantangan terbesar bagi tentara israel, dan kemenangan atas gerakan Hamas hanya bisa dicapai dengan menghancurkan terowongan. Meski, tampaknya mustahil bisa mereka lakukan.

- Banyak tentara bertanya-tanya tentang tujuan mereka dalam perang ini sebenarnya, karena tidak adanya rencana yang jelas, terutama dari sisi pemerintah israel yang tidak memiliki rencana akurat pasca perang Gaza.

- Hamas menumpas tentara israel dengan melakukan 'tipuan penyergapan' di gedung-gedung Gaza, dengan cara menarik pasukan israel untuk melakukan penyergapan di suatu tempat yang telah mereka persiapkan sebelumnya, dan kemudian membunuh mereka.

- Di sisi lain, tim perlawanan Hamas melakukan serangan terkoordinasi, satu kelompok berusaha mencegah majunya unit israel, sementara kelompok lain menyerang dari sisi lain dan menimbulkan korban jiwa. Kemudian mereka menghilang ke dalam bangunan yang hancur atau ke dalam labirin terowongan.

- Hamas menggunakan strategi 'hit and run', dengan memberdayakan kelompok kecil yang terdiri dari dua atau tiga pejuang perlawanan, dan terkadang hanya satu pejuang perlawanan.
Baca juga :