Said Didu: Tidak semua Alutsista itu rahasia. Jangan karena ga bisa jawab terus berlindung seakan semua rahasia negara

[PORTAL-ISLAM.ID] Prabowo ditanya Anies saat Debat Capres tadi malam, gak mau menjawab, dengan dalih rahasia negara. Malah ngajak Anies ngobrolinnya di forum private.

Salah satu yang ditanya Anies ke Prabowo adalah terkait PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) yang disebut Anies sebagai orang dalam (ordal) di proyek Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.

"Ketika bapak memimpin di Kementerian Pertahanan, banyak orang dalam (ordal) dalam pengadaan Alutsista. PT Teknologi Militer Indonesia, Indonesia Defense Security," kata Anies.

Nama PT TMI mencuat pada 2021 lalu setelah rencana utang asing untuk pembelian senjata oleh Kemenhan. Perusahaan diduga terlibat dalam belanja alutsista senilai US$124,99 miliar atau setara Rp1,7 kuadriliun.

Selain rancangan peraturan presiden yang bocor ke publik, ada juga surat dari Menhan Prabowo. Isi surat tersebut menunjuk PT TMI menjadi pengelola program tersebut.

PT TMI adalah perusahaan yang dibentuk oleh Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan. Ini dulunya Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan di bawah Kementerian Pertahanan.

Lalu, dalam dokumen PT TMI yang diperoleh CNNIndonesia.com tercatat lima nama kader Partai Gerindra menduduki berbagai jabatan penting di perusahaan tersebut. Mereka, antara lain Glenny Kairupan, Yudi Magio Yusuf, Prasetyo Hadi, dan Angga Raka Prabowo.

Said Didu: Tidak semua Alutsista itu rahasia

Jubir AMIN Muhammad Said Didu turut merespons soal rahasia negara ini.

"Tidak semua Alutsista itu rahasia. Kalau informasi ttg type, jenis, harga, produsen, suplier bukan rahasia - sehingga publik bisa tahu. Dan data ini sdh lama terbuka. Yang rahasia adalah spesifikasi teknis detil. Jangan karena ga bisa jawab terus berlindung seakan semua rahasia negara," kata Said Didu di akun twitternya.

"Menurut UU Keterbukaan Informasi Publik tidak semua Alutsista dikategorikan rahasia. Tentang Merk, Type dan Harga bukanrahasia. Yang dirahasiakan adalah spesifikasi teknis secara rinci. Semua boleh tahu jenis, jumlah, type, pemasok, dan harga pswt tempur, kapal selam, tank dll," tambahnya.
Baca juga :