Siapakah Avinatan Or, Insinyur Nvidia yang Ditangkap Hamas?

[PORTAL-ISLAM.ID] Raksasa chip Nvidia telah menyumbangkan US$ 15 juta atau Rp 232,5 miliar (kurs Rp 15.500/dolar AS) ke berbagai organisasi kemanusiaan yang memberikan dukungan kepada warga sipil Israel yang terimbas perang melawan Hamas.

Melansir dari Reuters, Selasa (26/12/2023), dana bantuan tersebut berasal dari sumbangan ribuan karyawan Nvidia di 30 negara sebesar US$ 5 juta atau Rp 77,5 miliar. Sedangkan US$ 10 juta atau Rp 155 miliar sisanya berasal dari program bantuan Nvidia untuk warga Israel.

Perlu diketahui, sumbangan ratusan miliar rupiah untuk warga Israel ini diberikan Nvidia usai salah seorang karyawannya bernama Avinatan Or ditangkap pasukan Hamas pada 7 Oktober dan dijadikan sandera.

Dilaporkan Avinatan yang sudah bekerja di Nvidia sejak April 2022 lalu ditangkap oleh kelompok Hamas saat menikmati konser di festival musik Nova pada 7 Oktober 2023 lalu. Saat itu ia sedang bersama pacarnya yang bernama Noa Argamani dan sekitar 240 orang lainnya, beberapa di antaranya telah dibebaskan.

Sementara Avinatan dan pacarnya Noa saat ini masih disandera Hamas.
"Kami bangga melihat dukungan luas dari keluarga Nvidia di Israel dan seluruh dunia, dan berterima kasih atas doa dan harapan mereka untuk kembalinya rekan kami Avinatan Or, dan sandera lainnya dari penawanan Hamas," kata Wakil Penasihat Umum Nvidia, Gideon Rosenberg.

Dikatakan sumbangan ini akan diberikan melalui berbagai organisasi kemanusiaan Israel ataupun asing termasuk Asor Fund (JGive), American Friends of Magen David Adom, Doctors Without Borders, Friends of United Hatzalah, IsraAID (US) Global Humanitarian Assistance, Jewish Agency for Israel, World Central Kitchen and Zaka.

Di luar itu Nvidia juga mengaku telah memberikan sumbangan berupa ratusan komputer kepada keluarga yang dievakuasi dari utara dan selatan Israel, dan menyediakan ribuan makanan gratis untuk para pengungsi dari kafetaria kantor Nvidia di Yokneam.

Siapakah Avinatan Or?

Mengomentari sumbangan terbesar yang diberikan oleh perusahaannya ke “Israel”, yang berjumlah $15 juta, Gideon Rosenberg, direktur produsen chip Amerika Nvidia, mengatakan: “Kami bangga melihat dukungan luas dari keluarga Nvidia di “Israel” dan di seluruh dunia dan kami berterima kasih atas doa dan harapan mereka atas kembalinya rekan kami Avinatan Or dan sandera lainnya dari Hamas.”

Tapi siapakah insinyur Avinatan Or, yang bekerja di Nvidia di “Israel”, yang disebutkan Rosenberg dalam komentarnya?

Nama Avinatan Or (30) pertama kali muncul dalam video yang beredar di media sosial yang memperlihatkan momen dirinya dan kekasihnya, Noa Argamani, ditangkap oleh pejuang Hamas saat Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober lalu.

Video yang muncul di Telegram menampilkan momen ketika Noa Argamani, dibawa pergi dengan sepeda motor bersama pacarnya, Or seorang insinyur yang tinggal di Tel Aviv, tempat dia dan Argamani berencana untuk tinggal bersama.
Menurut profilnya di LinkedIn, Or bekerja sebagai insinyur “desain untuk pengujian”, atau disingkat “DFT”, yang merupakan bidang penting dalam pembuatan chip elektronik yang berkaitan dengan perancangan struktur sirkuit terpadu atau yang dikenal sebagai “IC”. Proses ini memfasilitasi pengembangan pengujian manufaktur dan penerapannya pada perangkat yang dirancang.

Tujuan pengujian manufaktur adalah untuk memverifikasi bahwa perangkat keras produk tidak mengandung cacat produksi yang dapat berdampak buruk pada kinerja produk yang sebenarnya.

Or telah bekerja untuk perusahaan Amerika tersebut di cabangnya di “Israel” sejak April 2022, dan merupakan lulusan Universitas Ben Gurion.

“NVIDIA” Asal Amerika

Perusahaan desain papan grafis dan manufaktur chip Amerika, NVIDIA, dianggap sebagai salah satu perusahaan terbesar yang mendukung “Israel” dan perekonomian “Israel”, karena kegiatan penelitian dan pengembangan yang saat ini dilakukan di “Israel” adalah yang terbesar di luar Amerika Serikat, menurut sebuah laporan oleh situs web Australian Jewish News.

Nvidia, yang memiliki nilai pasar $571 miliar di Bursa Efek Nasdaq, menggantikan pesaingnya Intel, yang memiliki nilai pasar $196 miliar, sebagai pembuat chip Amerika terbesar dan perusahaan terbesar kedua di dunia setelah TSMC Taiwan.

Pertumbuhan operasi Nvidia meluas di “Israel”, di mana ia mempekerjakan sekitar 2.800 pekerja di tujuh pusat penelitian dan pengembangan yang terletak di permukiman Yokneam, kantor pusat Mellanox, Tel Aviv, Yerusalem, Raanana, dan Beersheba di selatan.

Pada 2020, perusahaan Amerika mengakuisisi perusahaan “Israel” Melanox – sebuah perusahaan lokal yang mengkhususkan diri dalam pengembangan dan produksi komponen yang dirancang untuk mempercepat transfer data antara server dan sistem penyimpanan data untuk komputasi awan dan pusat data – senilai $7 miliar, dan itu dianggap sebagai investasi terbesar di sebuah perusahaan “Israel”.

Pada 2021, NVIDIA mendirikan pusat tambahan di “Israel” untuk mengembangkan CPU untuk berbagai aplikasi teknologi, termasuk kecerdasan buatan, kendaraan otonom, dan robotika.

Grup CPU baru akan bergabung dengan berbagai tim yang saat ini aktif di “Israel”, mengerjakan teknologi jaringan berkecepatan tinggi, teknologi komputasi berkinerja tinggi, pengembangan unit pemrosesan data, penelitian kecerdasan buatan, dan aktivitas lainnya.

Nvidia juga telah bekerja sama dengan perusahaan “Israel” Excelro sejak didirikan pada 2014 hingga akuisisi baru-baru ini, menyediakan perangkat lunak penyimpanan blok untuk jaringan inti perusahaan.

Perusahaan Amerika – yang didirikan pada 1993 oleh Jensen Huang, Chris Malakowski, dan Curtis Brehm sebagai perusahaan yang berspesialisasi dalam pembuatan chip grafis – memiliki banyak investasi lain di “Israel”, termasuk startup Fortelex, Fast Data, dan Wika IO, menurut Finder Situs web permulaan.

Proyek “Israel 1AI”

Nvidia, tempat Orr bekerja, baru-baru ini mengumumkan penyelesaian tahap pertama superkomputer “Israel-1 AI” dan membuatnya tersedia untuk digunakan oleh tim penelitian dan pengembangan perusahaan serta “mitra terpilih.” Superkomputer tersebut terletak di data Israel Center, anak perusahaan NVIDIA, menurut laporan situs web Data Center Dynamics.

Superkomputer ini menyediakan 8 exaflops (flop) dengan performa tertinggi untuk kecerdasan buatan, dan 130 petaflops untuk komputasi performa tinggi.

Sistem ini – setelah selesai – berisi 256 sistem yang lebih kecil dari prosesor Nvidia HGX H100, menggabungkan 2.048 unit pemrosesan grafis, dengan lebih dari 34 juta inti CUDA (Computer Unified Device Architecture), sebuah arsitektur untuk komputasi paralel yang dikembangkan oleh Nvidia, satu juta Tensor Core generasi ke-4, 2.560 DPU BlueField-3, dan 80 switch Spectrum-4.

Gilad Shiner, wakil presiden senior di NVIDIA, mengatakan: NVIDIA telah bekerja dengan 800 perusahaan startup di “Israel” dan puluhan ribu insinyur perangkat lunak.

Perusahaan menyelesaikan tahap pertama proyek ini pada November lalu, dua bulan lebih awal dari yang diharapkan, menyediakan setengah daya komputasi dari keseluruhan sistem (empat exaflops untuk kecerdasan buatan dan 65 petaflops untuk HPC standar).

“Israel adalah rumah bagi para peneliti dan pengembang AI terkemuka dunia yang menciptakan aplikasi untuk gelombang AI berikutnya,” kata Pendiri dan CEO NVIDIA Jensen Huang.

Dengan superkomputer NVIDIA, berbagai perusahaan di “Israel” akan menciptakan kecerdasan buatan yang dapat mengubah produktivitas dan model bisnis organisasi di seluruh dunia.

Direncanakan perusahaan akan menyelesaikan tahap kedua superkomputer tersebut pada paruh pertama tahun 2024 kecuali perang yang sedang terjadi di Gaza mempengaruhi rencana ini. 

Tidak diketahui setelah tahap kedua selesai apakah Or akan bersama rekan-rekan insinyurnya di NVIDIA atau dia akan tetap menjadi tahanan di penjara Gaza, atau dia tidak akan pernah menyaksikan momen ini dalam hidupnya? 
(Aljazeera/Arrahmah)
Baca juga :