Panas-Dingin Kandidat Cawapres Prabowo, Lagi-lagi Demokrat Jadi "Duri" Koalisi

Panas-Dingin Calon Wakil Presiden Prabowo

◼Partai di Koalisi Indonesia Maju masih berbeda sikap soal cawapres pendamping Prabowo. Ada respons pro-kontra tentang Gibran.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba-tiba menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediaman presiden ke-6 Indonesia itu, Kompleks Puri Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 17 Oktober lalu. Prabowo ke sana diduga atas undangan SBY.

Sumber Tempo di lingkaran Partai Gerindra menyebutkan SBY ditemani sejumlah elite Partai Demokrat saat menerima kedatangan Prabowo. SBY di antaranya ditemani Ketua Umum Partai Demokrat yang juga putranya, Agus Harimurti Yudhoyono; Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Demokrat Andi Arief.

Prabowo dan rombongan disebut-sebut tiba di Cikeas persis setelah salat asar pada Selasa lalu. Sumber Tempo mengatakan di sana Prabowo dan Yudhoyono membicarakan putusan Mahkamah Konstitusi atas uji materi Pasal 169 huruf q Undang-Undang Pemilu.

Putusan itu sangat penting bagi Prabowo, yang sejak awal berencana menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Prabowo merupakan calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju—koalisi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Garuda, dan Partai Gelora.

Dengan putusan Mahkamah Konstitusi itu, Gibran akhirnya memenuhi syarat menjadi calon wakil presiden. Sebelum putusan itu, Gibran yang berusia 36 tahun tak memenuhi syarat sebagai calon wakil presiden. Sebab, Pasal 169 huruf q UU Pemilu mengatur batas usia calon presiden dan wakil presiden minimal 40 tahun. Tapi Mahkamah Konstitusi dalam amar putusannya menambahkan klausa "atau pernah/sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah".

"Dari informasi yang kami peroleh, dalam pertemuan itu, Pak SBY mengusulkan Khofifah sebagai calon wakil presiden dan menyampaikan pendapat soal Gibran," kata politikus Partai Gerindra ini, Rabu, 18 Oktober 2023.

Khofifah yang dimaksudkan adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sumber Tempo mengatakan SBY mengusulkan Khofifah karena tingkat elektabilitasnya berdasarkan hasil survei berada di atas Gibran. Dengan demikian, peluang Prabowo memenangi pemilihan presiden lebih terbuka jika berpasangan dengan Khofifah dibanding Gibran.

Namun, kata sumber Tempo, Prabowo menjawab diplomatis permintaan SBY tersebut. "Prabowo menjawab bahwa saran itu akan dibicarakan lebih dulu dengan pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju," ujarnya. 

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membenarkan ihwal pertemuan Prabowo dan SBY di Cikeas, Selasa lalu. Namun Herzaky menampik anggapan bahwa SBY meminta Prabowo menemuinya di Cikeas. 

Sebelumnya, Agus Yudhoyono juga mengakui kedatangan Prabowo ke Cikeas. "Saya juga ada di situ dan berada di ruangan itu," ujarnya saat mengikuti syukuran ulang tahun Prabowo ke-72 di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan—kediaman Prabowo—pada Selasa malam lalu. "Pertemuannya sangat baik. Sebuah pertemuan silaturahmi dua tokoh."

Sejumlah elite Gerindra yang dimintai konfirmasi, seperti Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad, Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani, serta Andre Rosiade dan Habiburokhman, belum menjawab pertanyaan Tempo hingga Rabu malam kemarin. 

Sebelumnya, Muzani mengatakan Prabowo akan segera mengumumkan nama calon wakil presiden yang dipilih setelah pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju merampungkan rapat terakhir nanti. "Mudah-mudahan dua jam setelah rapat sudah diumumkan," ucapnya. 

Namun Muzani tidak menyebutkan kapan rapat terakhir pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju akan diselenggarakan. Ia mengatakan pertemuan akan digelar setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tiba di Tanah Air. Saat ini Zulkifli dan Erick tengah mendampingi Presiden Joko Widodo di Cina, lalu berlanjut ke Arab Saudi. Ketiganya akan tiba di Jakarta pada Sabtu mendatang.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan ada kemungkinan rapat terakhir pimpinan partai dilakukan pada Jumat atau Sabtu pekan ini. "Setelah Pak Zulhas tiba di Jakarta," katanya.

Seorang pengurus Partai Gerindra menyatakan Prabowo berencana menemui Jokowi lebih dulu sebelum menggelar pertemuan dengan para ketua partai di Koalisi Indonesia Maju. Prabowo akan berkonsultasi dengan Jokowi mengenai sejumlah nama bakal calon wakil presiden, termasuk soal Gibran.

[Sumber: Koran Tempo, Kamis, 19 Oktober 2023]

Baca juga :