Mahasiswa Yang Berafiliasi ke Hamas Memenangkan Pemilihan Dewan Mahasiswa Universitas An-Najah Tepi Barat

[PORTAL-ISLAM.ID] Hasil pemilihan mahasiswa Universitas An-Najah di Nablus dibaca sebagai cerminan masyarakat Palestina secara lebih luas

Sebuah daftar yang berafiliasi dengan Hamas telah memenangkan pemilihan mahasiswa di universitas utama Tepi Barat untuk pertama kalinya dalam 16 tahun, sebagai tanda terbaru berkurangnya dukungan untuk Otoritas Palestina (PA).

Blok Islam mengamankan 40 kursi dari 81 kursi yang tersedia di Dewan Mahasiswa Universitas Nasional An-Najah Nablus pada hari Rabu (17/5/2023).

Saingan utamanya, blok "Shabiba" - cabang mahasiswa dari partai berkuasa PA, Fatah - memenangkan 38 kursi, sementara tiga kursi masuk ke daftar yang terkait dengan Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP).

Hasil pemilihan di Universitas An-Najah, bersama dengan pemilihan di Universitas Birzeit di Ramallah, dianggap sebagai pelopor politik Tepi Barat. Hasil pemilu mahasiswa ini dibaca sebagai cerminan masyarakat Palestina yang lebih luas, posisinya di PA, dan orientasi pemilih dalam pemilu yang lebih luas yang mungkin diadakan di masa depan.

“Pendekatan eksklusif [PA] di Tepi Barat dan represi [lawan] membuat orang berpegang teguh pada prinsip mereka,” kata Sayel Amara, dosen di An-Najah.

“PA harus memikirkan kembali proyek politiknya, karena tidak mendapat dukungan mayoritas [di Palestina],” katanya kepada Middle East Eye.

Hasil pemilu datang setahun setelah petugas keamanan yang menyamar menyerang mahasiswa yang berafiliasi dengan Hamas di An-Najah, yang kemudian dikeluarkan oleh universitas, yang menyebabkan lebih banyak protes dan kemarahan diarahkan ke PA.

Ini juga mengikuti kemenangan pemilihan tahun lalu untuk blok Wafa Islam yang berafiliasi dengan Hamas di Universitas Birzeit, lembaga independen terkemuka lainnya di Tepi Barat.

Sementara itu, popularitas perlawanan bersenjata melawan pendudukan Israel - sebuah strategi yang sering dikaitkan dengan Hamas - telah melonjak di Nablus pada tahun lalu, terutama dengan munculnya kelompok-kelompok baru seperti The Lions' Den.

(Sumber: MEE)
Baca juga :