MAU PAMIT LIBUR PESBUKAN 😃

MAU PAMIT LIBUR PESBUKAN

Oleh: Ustadz Ahmad Syahrin Thoriq 

Yang pamit libur dulu dari sosmed, itu baik, bila niatnya agar lebih lebih focus dengan al Qur'an dan program ibadah Ramadhan lainnya. Juga supaya terjaga dari kesia-siaan.

Teladan dari orang terdahulu juga begitu, demi Ramadhan kegiatan yang lain, apa lagi yang berpotensi mengganggu pahala puasa, banyak yang mereka liburkan dulu.

Tentu sebuah keutamaan jika kita bisa meniru seperti itu, asalkan tidak diiringi dengan perasaan merasa lebih lebih dari yang masih fb-an, sebab itu wujud ketakaburan.

Karena yang masih sosmed-an di bulan Ramadhan boleh jadi menggunakannya sebagai sarana mengais rezeki yang halal, dan itu lebih baik dari dia meminta-minta atau yang ngaku nggak fb-an tapi cuma duduk di rumah bermalas-malasan.

Meski aktif bersosmed, tapi bisa menjaga diri dari fitnah, ghibah, dan kesia-siaan, lalu akhlaq ini terbawa ke bulan-bulan berikutnya, tentu ini lebih baik dari yang ngelibur sejenak dari dosa dan kesia-siaan, tapi begitu Ramadhan pergi, penyakitnya kambuh lagi.

Kalau ada yang nanya kesaya, kiyai sendiri bagaimana? Apa status ini untuk pamitan mau libur facebukan selama Ramadhan?

Jawabnya: Iya. Kalau saya sih sudah pasti akan libur dari fb-an, Wa-an dan internetan kalau lagi shalat, baca Qur'an, dzikiran, terawehan, makan, tiduran.  

Tapi kalau lagi buka HP, ya tidak bisa libur. Masa sih ngusap ponsel hanya untuk lihat waktu berbuka saja... 😃

(fb)

Baca juga :