Khawla Nakata Kaori, Cendekiawan Muslimah Pertama Jepang

Khawla Nakata Kaori mungkin tidak dikenal di dunia Islam secara umum, namun kontribusinya terhadap Islam di Jepang, dan khususnya komunitas Muslim, tidak dapat diremehkan. Banyak orang yang mengenalnya tersentuh oleh kepribadian dan keanggunan intelektualnya. Seorang Muslimah yang mendedikasikan dirinya untuk ilmu pengetahuan hingga nafas terakhirnya.

Khawla Nakata Kaori adalah salah satu cendekiawan Muslim wanita pertama di Jepang. Seorang individu yang terpelajar, berpengalaman dalam peradaban Barat dan Islam, setelah menghabiskan waktu di Prancis, Mesir, dan Arab Saudi. Dia juga memperoleh Ijazah dari sejumlah ulama Islam tradisional di Mesir, Suriah, dan Arab Saudi. Selain itu, dia fasih berbahasa Jepang, Arab, dan Barat. Sebagai hasilnya, ia membawa pengalaman pribadinya kepada orang-orang di Jepang dan memberikan cakupan pengetahuan dan gagasan yang luas dari berbagai bangsa dan budaya.

Perjalanan hidupnya langka tidak hanya bagi seorang wanita Muslim di Jepang, tetapi bagi sebagian besar orang Jepang. Singkatnya, dia benar-benar warga dunia dan membawa pengalaman eklektiknya ke Jepang. Salah satu kontribusinya yang signifikan adalah pembentukan jaringan wanita Muslim Jepang,

Dia juga menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam menerjemahkan karya klasik Islam, seperti Tafsir al-Jalalayn, ke dalam bahasa Jepang tanpa mengubah maknanya. Pada saat yang sama, dia sadar menggunakan bahasa Jepang biasa dalam kuliah dan buku pengantar untuk mengakomodasi pembaca Jepang dengan latar belakang yang beragam. Karena itu, Islam dibawa ke khalayak Jepang dalam bentuk yang murni.

Profil dan Perjalanan Masuk Islam

Khawla Nakata Kaori lahir pada 26 Januari 1961 di Shizuoka, Jepang. Dia lulus dari Fakultas Sastra, dari Universitas Kyoto dengan tesis tentang karya Albert Camus The Stranger. Pada 1990, setelah lulus, dia pergi ke Prancis untuk melanjutkan pendidikannya. Di sanalah, saat mengunjungi sebuah masjid di Paris, dia terinspirasi untuk mengejar beasiswa Islam.

Tak lama setelah dia memutuskan untuk belajar Islam, dia masuk Islam, mengucapkan syahadatnya pada Januari 1991. Dari Agustus 1991 hingga April 1992, dia tinggal di Mesir, di mana dia bertemu dan menikah dengan warga negara Jepang lainnya, Nakata Ko, seorang mahasiswa doktoral di bidang filsafat di Universitas Kairo, atau di Indonesia lebih akrab dikenal dengan nama Hasan Ko Nakata. Pada Juli 1992, mereka kembali ke negara asalnya Jepang, dan mulai menerbitkan Muslim Shinbun (Koran Muslim) bulanan.

Mereka kemudian kembali ke Kairo, di mana mereka kembali tinggal selama satu tahun dan menerima ijazah hafalan Al-Qur’an dari Sayyid Abdullah al-Jawhary. Kaori menerima Ijazah Irshad ‘amm Tasawwuf Qadiriyyan Shaziliyyah Darqawiyyah ‘Alawiyyah, oleh Syaikh Yusuf al-Bakhkhur al-Hassani, Ijazah Tafsir al-Qur’an oleh Syaikh Dr. Majdi ‘Ashur, dan beberapa Ijazah lainnya dalam kajian Islam tradisional. Setelah mendapatkan ijazahnya, dia pindah kembali ke Jepang di mana dia mengajar di Universitas Prefektur Yamaguchi dari 1999-2002.

Pada 16 Agustus 2008, Kaori meninggal dunia di usia muda, 47 tahun. Saat sakit, dia terus menulis hingga meninggal dunia di rumah sakit.

Peninggalan Ilmu

Pencapaian Kaori tidak hanya mencakup pencarian ilmu, yang sangat bermanfaat bagi komunitas Muslim di Jepang, tetapi dia juga bekerja untuk membangun landasan keilmuan Islam bagi komunitas Muslim Jepang. Dia menulis serangkaian buku pengantar tentang aqidah, ibadah, dan praktik lainnya, dan membangun jaringan pendidikan untuk wanita Muslim di seluruh Jepang. Lebih penting lagi, dia menerjemahkan Tafsir al-Jalalayn ke dalam bahasa Jepang di bawah pengawasan suaminya, Hasan Ko Nakata. Ini adalah Tafsir pertama yang tersedia dalam bahasa Jepang.

Buku terakhirnya adalah Mengenal Allah. Buku ini adalah komentar Jepang tentang Risalah fi al-Tauhid karya Arslan al-Dimashqi. Di dalamnya, Kaori menjelaskan esensi Tauhid dalam bahasa Jepang biasa, seperti halnya para cendekiawan Islam di banyak wilayah peradaban Islam lainnya telah berusaha untuk mengungkapkan Tauhid dalam bahasa daerah masing-masing.

'Mengenal Allah' diterbitkan sebagai seri di Muslim Shinbun (Koran Muslim Jepang) dari No. 101 sampai No. 187. Di bawah ini adalah kutipan dari kata penutup buku ini:

Selama seri ini, saya mengalami gejala metastasis otak akibat kanker payudara, dan menerima radiasi otak. Sekitar setahun kemudian saya menerima perawatan pisau gamma. Enam bulan kemudian, saya dibawa ke rumah sakit dengan ambulans dengan gejala baru edema otak. Saya dirawat di rumah sakit, dan hari ini sudah satu setengah bulan.

Gejala saya jauh lebih baik daripada sebelum dirawat di rumah sakit dan saya memiliki energi untuk bekerja di komputer.

Saya berharap buku ini akan tersedia tidak hanya untuk umat Islam tetapi juga untuk masyarakat umum. Kami di Koran Muslim akan menerbitkan edisi terbatas hanya 100 eksemplar, dan pada akhirnya kami berharap dapat bernegosiasi dengan penerbit umum. Insya Allah.

Sebagai penutup catatan tambahan ini, saya ingin berbagi dengan Anda kutipan dari beberapa tulisan saya ke milis Muslimah.

Meninjau buku ini (Risalah fi al-Tauhid ), saya menyadari bahwa ini adalah buku yang luar biasa. Dan yang lebih hebat lagi, kini kami (saya dan suami saya, Hasan) dituntun untuk menemukannya.

Iman Islam dimulai dengan “La ilaha illa Allah” dan bertujuan untuk kesempurnaannya, dan itulah arah yang kita tuju sekarang.

Sampai sekarang, kami pikir kami sendirian dalam ibadah dan lainnya. Tapi sekarang saya hidup dengan pola pikir bahwa Allah melakukan segalanya untuk saya. Sekarang saya berdoa dalam wudhu karena saya memiliki sedikit kelumpuhan di tubuh bagian bawah saya dan saya mudah kembung, dan saya melakukan sujud sebagai rasa terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan sujud di sini lagi. Saya sekarang mengerti bahwa Qadar dan kehendak bebas juga merupakan masalah dualistik yang tidak perlu dibahas dalam tauhid. Saya berterima kasih kepada Allah karena telah memberi saya anugerah penyakit.

3 Maret 2008

(Khawla Nakata Kaori)

***

Semoga Allah menerima iman Islam Khawla Nakata Kaori dan amal perbuatan baiknya serta kontribusi jasanya untuk dien, ilmu pengetahuan dan komunitas Muslim. 

____
*Sumber:

Baca juga :