Kalau situ mau pake selendang, ya udah pake aja. Gak usah nyinyirin jilbab syar'i, Dibilang mengimpor budaya asing lah.. gak cinta budaya Indonesia lah..

Kalau situ mau pake selendang, ya udah pake aja. Gak usah nyinyirin jilbab syar'i. Kalau ngerasa selendang paling NKRI, ya udah pake aja, tapi tetep menghargai yang lain.

Asal jangan memaksakan kehendak, bahwa yang pake selendang di kepala itu yang paling bagus, paling adem, paling apalah apalah. Sedangkan yang pake jilbab menutup dada dibilang niru budaya Arab. Dibilang mengimpor budaya asing. Dibilang gak cinta budaya Indonesia. Ebuset, sejak kapan parameter cinta Indonesia hanya dari selembar selendang?

Hellloooooo Painem yang katanya paling cinta NKRI. Tau gak sih, jilbab itu udah ada aturannya? Itu aturan abadi sepanjang masa. Bahwa jilbab yang dimaksud dalam QS Al-Ahzab:59 dan QS An-Nuur 31 itu harus menutupi seluruh rambut hingga menjulur ke dada. Itu sudah disepakati oleh para ulama di seluruh dunia. 

Jadi seluruh tubuh wanita itu aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Rambut juga aurat. Terus kalau pake selendang dan jambul nyembul keluar ya gak boleh. Meskipun itu Bu Nyai sekalipun ya tetep gak boleh. 

Jadi kalau kamu berpatokan selendang ala ormas tertentu ya gak bisa dodol. Kalau berpatokan apa kata Kyai atau Nyai ya gak bisa Painem. 

Apalagi kalau patokannya Ratu Rania dari Yordania. Dia sangat modis dan gak pake jilbab,  usia 50 tahun, tapi masih kinclong. Meskipun Ratu dari salah satu negara Arab, tapi tindakannya tidak bisa dijadikan panutan.

So, dalam beragama itu tidak boleh cuma manut kata Nyai. Patokannya segala tindakan Nyai. Gak boleh begitu Painem. 

Banyak wanita Arab yang tak berjilbab. Tapi itu bukan patokan. Banyak orang Arab yang kafir, itu juga bukan patokan. Abu Jahal itu 100% Arab, tapi dia kafir. 

So, gak usah merasa paling NKRI hanya karena selembar selendang. Lihatlah Rahmah El-Yunusiyah berjilbab syar'i. Dia memajukan pendidikan kaum perempuan di negri ini dengan mendirikan perguruan Diniyah Padang Panjang. Atau Nyai Ahmad Dahlan yang berjilbab rapi di masanya, tidak sekedar berselendang penutup kepala.
Mereka berjilbab rapi, menutup aurat sempurna. Dan mereka berkontribusi riil bagi negri ini. 

Gak usah nyinyirin jilbab syar'i. Yang jelas, jilbab itu kewajiban setiap mu'minat. Namanya wajib itu ya kudu pake. Kalau nggak pake ya dosa. Syarat dan ketentuan jilbab itu abadi sepanjang masa.

(Widi Astuti)

*fb
Baca juga :