Viral Video... Cak Nun sebut Jokowi Fir'aun, Luhut Haman, Guntur Romli nilai sebagai penghinaan

[PORTAL-ISLAM.ID] Nama budayawan Emha Ainun Najib atau akrab disapa Cak Nun hari ini jadi trending di twitter. 

Hal itu lantaran ceramahnya di kajian Maiyah yang menyebut Jokowi seperti Firaun. 

Dikutip dari akun TikTok @Tryhwsp terlihat potongan video dimana Cak Nun tengah mengisi kajian Maiyah di Bangbang Wetan, Surabaya.

Di dalam video itu terlihat video kajian itu dibuat di bulan Januari 2023. Di video itu Cak Nun mengungkapkan bahwa Indonesia telah dikuasai sebuah sistem kekuasaan yang kuat. Di mana Jokowi diibaratkan sebagai Firaun, pengusaha Anthony Salim dan 9 Naga sebagai Qorun, dan Luhut sebagai Haman.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga, terus Haman yang namanya Luhut," kata Cak Nun dalam video yang viral.

Pernyataan Cak Nun ini mendapat tanggapan dari Muhammad Guntur Romli. Politikus PSI itu menyayangkan pernyataan dari Cak Nun yang mengibaratkan Jokowi serupa Firaun. 

Ia menyebut ucapan itu sebagai penghinaan kepada Jokowi dan justru merendahkan Cak Nun sendiri.

"Jika kekurangan di Jokowi tidak sampe layak dihina seperti Firaun, jika ada kelebihan Emha Ainun Najib gak sampe level Nabi Musa dan Sabrang seperti Nabi Harun. Hanya kesombongan dan ketakaburan yang mengatakan itu. Cak Nun sedang meninggikan Jokowi dan merendahkan dirinya sendiri...," kata Guntur Romli di akun twitternya yang membagikan video Cak Nun, Senin (16/1/2023).

[VIDEO]