Soal Cawapres Anies Baswedan, NasDem Pertimbangkan dari Kalangan NU

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua Teritorial Pemenangan Pemilihan Umum Partai NasDem Effendy Choirie alias Gus Choi menilai sosok dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) pantas dipertimbangkan sebagai pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024. 

Misalnya, kata dia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar NU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, putri Presiden Gus Dur Yenny Wahid, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin.

“Kalau (cawapres) dari luar (dari luar koalisi), ini wacana bebas. Saya yang berwacana. Di dalam NasDem-nya dari nama itu, ada juga yang disebut. Cuma saya menambahkan,” kata Gus Choi saat dihubungi, Kamis, 12 Januari 2023.

Selain itu, menurut Gus Choi, sosok putra B.J Habibie, Ilham Habibie, juga pantas dipertimbangkan sebagai cawapres dari kalangan teknokrat. 

Kendati demikian, usulan ini perlu disuguhkan kepada publik untuk mengetahui respon mereka.

Dia menjelaskan, obrolan pengurus NasDem cenderung menyuguhkan nama dari lingkungan NU yang belum berpolitik praktis. Dia menyebut sejumlah nama seperti Khofifah, Gus Ipul, Yenny Wahid, dan Gus Yasin adalah nama-nama yang bebas dari partai.

“Kalau obrolan-obrolan di pengurus NasDem, level-level bawah, level menengah, sampai level atas ya intinya antara lain ya dari lingkungan NU,” kata dia.

Adapun Partai NasDem tengah sibuk mematangkan rencana koalisi bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Koalisi ini disebut-sebut akan dinamai Koalisi Perubahan. 

Kendati demikian, pembahasan soal cawapres Anies disinyalir berlangsung alot, sehingga koalisi tak kunjung dideklarasikan.

Partai Demokrat mengusulkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai pendamping Anies. Sementara itu, PKS mengajukan nama Wakil Ketua Majelis Syura Ahmad Heryawan alias Aher.

[Sumber: TEMPO]

*Foto atas: Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan putri Presiden RI Ke-4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga Direktur The Wahid Institut, Yenny Wahid, menjadi pembicara dalam Panel Discussion of ISEAS Yusof Ishak – Regional Outlook Forum 2023 di Singapura (11/1/2023)

Baca juga :