Proyek Sodetan Ciliwung Katanya Mangkrak 6 Tahun? Ini FAKTA Sebenarnya....

[PORTAL-ISLAM.ID]  Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun? Ini FAKTA Sebenarnya....

👉Dimulai sejak tahun 2013, Proyek Sodetan Kali Ciliwung terkendala pengadaan lahan saat mendapatkan penolakan dan gugatan dari warga di Bidara Cina. 

👉Pada April 2016, PTUN memenangkan gugatan warga Bidara Cina karena Pemprov DKI dinilai menyalahi prosedur penertiban. 

👉Pada April 2016, Gubernur Ahok merespons putusan PTUN dengan melayangkan kasasi. Proses hukum ini praktis membuat kelanjutan pengadaan lahan dan proyek Sodetan Kali Ciliwung tertunda. 

👉Pada tahun 2019, Gubernur Anies melanjutkan kembali proyek Sodetan Kali Clliwung dengan mencabut kasasi yang pernah dilayangkan Gubernur sebelumnya dan membentuk tim persiapan pengadaan tanah untuk sodetan kali Ciliwung melalui Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1744 Tahun 2019. 

👉Pada tahun 2020, Menko Marves Luhut menyatakan bahwa penanganan banjir Ibukota oleh Pemprov DKI dan Kementerian PUPR sudah sejalan. 

👉Pada tahun 2021, Gubernur Anies, Menko Marves Luhut dan Menteri PUPR Basuki melakukan peninjauan langsung atas progres pekerjaan Proyek Sodetan Ciliwung. 

👉Pada Oktober 2022, sebelum Gubernur Anies lengser progress pembangunan F'royek Sodetan Ciliwung telah mencapai lebih dari 50%. 

👉Pada 24 Januari 2023, Presiden Jokowi dan PJ Gubernur Heru melakukan peninjauan atas progress Proyek Sodetan Ciliwung.