Malu-maluin! @CekHoaks: Addie MS sebar hoax truk ambles gara-gara sumur resapan, padahal galian baru kabel

[PORTAL-ISLAM.ID]  Akun @CekHoaks menemukan unggahan musikus @addiems mengenai video ban mobil molen terperosok ke sumur resapan di Jalan Batu Ceper Raya, Jakarta pada Sabtu, 31 Desember 2022 yang tersebar di media sosial.

Akun @CekHoaks mengklarifikasi atas tuduhan ban truk yang ambles gara-gara sumur resapan yang merupakan salah satu program mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. dalam mengatasi banjir di Jakarta.

“@addiems hoaks. Katanya truk ambles rodanya gara-gara sumur resapan. Faktanya, yang menyebabkan roda truk ambles adalah galian kabel di jalan. Lubang sumur resapannya sendiri di pinggir dan tertutup kokoh,” kata akun @CekHoaks.

Cek hoaks memberikan fakta-fakta terkait rusaknya jalan pada sumur resapan karena adanya galian kabel maupun pekerjaan saluran. Sehingga membuat jalanan itu tidak rapi.

Akun cek hoaks ini membandingkan kondisi sumur resapan yang dikerjakan Dinas Bina Marga DKI Jakarta secara rapi dan sesudah adanya galian dari pekerja saluran kabel. Kemudian jalan di sekitar Jalan Batu Ceper Raya, Gambir mulus dan tutup pada sumur resapan sangat kokoh sebelum adanya galian.

“Fakta-fakta lainnya, lubang sumur resapan tertutup kokoh, ada galian baru di tengah Jalan Batu Ceper. Truk ambles di galian baru,” tegasnya.

Sementara netizen menyayangkan sikap musisi ternama @addiems yang mempercayai berita hoaks.

“Akun centang biru nggak menjamin…, ya nggak om @addiems?,” tanya @Mdy_Asmara1701.

“Waah parah nih …. gw kira yg ngerti musik org nye cerdas2 eh ternyata ada juga yg suka ngibul bin hoaks,” ujar @darmantahu.

“Tukang hoaks gak tau malu addie kebencian dan kedengkian nya menghilangkan kejernihan berfikir,” kata @KembangKardus.

“Biasa kerjaan orang munafik yg tdk mau nerima hasil kerja terbaik dr Anies Presiden th.2024…,” imbuh @aburami67600508.