Jurnalis Rusia Maksud Hati Mau Propagandakan Rusia, Sampai Ukraina Malah Diperkosa Pasukan Chechnya

[PORTAL-ISLAM.ID]  Seorang reporter media propagandis Rusia NTV diperkosa dan rekannya dipukuli di Ukraina oleh pasukan Chechnya yang berperang Melitopol, ungkap The Postedia (30/1/2023).

“Insiden itu terjadi pada 17 Januari di tenggara kota Melitopol yang diduduki oleh pasukan Moskow,” menurut pernyataan manajemen NTV ke Komite Investigasi Rusia.

Pada saat kejadian, jurnalis Rusia Olga Zenkova dan juru kamera Artyom Epifanov sedang makan di sebuah restoran di Melitopol. Tak lama berselang, mereka didekati sejumlah pria berseragam militer yang memperkenalkan diri sebagai tentara dari batalion Akhmat Chechnya.

Entah bagaimana sebabnya, Epifanov kemudian dipukuli dan Zenkova diperkosa pasukan Chechnya yang diduga dilakukan Hasan Ibrahimov keponakan Presiden Chechnya, ungkap hasil investigasi kantor media NTV tempat Zenkova bekerja.

“Tidak ada satu lembaga pun yang mengambil tindakan setelah laporan itu. Moskow memerintahkan untuk tidak mempublikasikan insiden tersebut,” tambah NTV.

Batalion Akhmat didirikan pada tahun 2006 sebagai bagian dari struktur paramiliter di Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Penamaan Akhmat berasal dari nama ayah Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov, Akhmat Kadyrov, yang terbunuh pada tahun 2004 dalam serangan bom yang dilakukan mujahidin Chechnya di Grozny. (arrahmah)

_____
*CATATAN: Pasukan Chechnya (pro-Russia) beda dengan Pejuang/Mujahidin Chechnya (musuh Russia).

Baca juga :