Joget-joget di Masjid

Joget-joget di Masjid

By Tere Liye

Asumsi jika kalian masih mau mendengarkan:

1. Jangan joget2, nyanyi2, live dari masjid. Kenapa jangan? Aduh, itu teh masjid. Itu rumah ibadah. Hormatilah sedikit. Kebiasaan sok eksis itu mulailah dikurangi. Mau live Tik Tok, mau diposting di instagram, youtube, dll, kurangi.

2. Sesekali mungkin bisa foto, buat kenang2an. Apalagi jika itu masjid kayak Masjidil Haram, atasu Masjid Nabawi, tapi please tidak usah lebay. Bisa tidak fotonya jangan di depan kakbah, saat orang2 sibuk thawaf, kita malah sibuk foto. Kita itu mengganggu Menghalangi orang mau ibadah. Pun kebiasaan bikin video (meskipun tdk joget2), mbok ya tahu tempat, tahu diri.

3. Sesungguhnya, buat apa sih kita sok eksis banget? Foto2, bikin video, di masjid begini? Buat dipamerkan? Posting di medsos? Wah, jangan dik. Gugur semua nanti pahalanya. Kita jangan terlalu PD merasa niat kita itu baik. Mending hindari.

4. Nah, kalau kamu mau aman, sederhana tipsnya: itu HP tdk usah dibawa ke masjid. Mending khusu' saja ibadah. Sekali HP-nya kamu tinggal di rumah, di kamar hotel, mau segatel apapun kita moto, bikin video, eksis, kita tdk bisa jadinya loh. Kita otomatis terjaga deh

5. Ketahuilah, total waktu yg kita berikan utk ke rumah ibadah itu paling hanya 1% saja dari hidup kita. Umroh misalnya, lebih2 waktu yg kita habiskan itu nyaris 0,01% saja dari usia kita, masa' kita rusak momen tsb dgn sibuk ngurus dunia? Rugi. Renungkanlah.

Hormati rumah ibadah. Juga saat kamu ketemu guru2, ulama,2 ustazah2 yg tidak mau difoto, kan norak kalau kamu malah sibuk moto2, merekam video mereka. Tidak semua orang itu gila difoto kayak kita. Itu HP bisa tidak kamu simpan saja di saku?

Jadi yuk, mulai hari ini kurangilah nafsu moto2, video2 ini. Kita tdk akan panu-an gara2 tdk moto loh. Lagian, bahkan kalaupun video kita super viral kayak Citayam Fashion Week sekalipun, coba lihat, apa kabarnya sekarang? Orang2 sdh lupa. Karena dunia ini memang begitulah.

Mbok ya sesekali kita itu ngejar yg hakiki gitu loh. Bukan tertipu melulu.

16/1/2023

*fb