10 Tewas dalam Penembakan Massal di Festival Imlek California, Netizen: Kalau Disini Sudah Langsung Dicap TERORISME

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sedikitnya 10 orang tewas dalam penembakan massal yang terjadi Sabtu larut malam (21/1/2023) di Monterey Park, California. 

"Departemen Pemadam Kebakaran Monterey Park mengumumkan 10 korban meninggal dunia di tempat kejadian," kata Kapten Andrew Meyer dari Departemen Sheriff, Los Angeles.

Selain korban tewas, sekitar 10 korban lainnya berada di rumah sakit setelah insiden itu. 

"Setidaknya ada 10 korban tambahan yang dibawa ke berbagai rumah sakit lokal dan terdaftar dalam berbagai kondisi dari stabil hingga kritis," ujarnya.

Penembakan massal terjadi saat Festival Imlek digelar pada Sabtu waktu setempat, 21 Januari 2023. 

Peristiwa nahas yang merupakan terburuk di California itu terjadi di blok 100 West Garvey Avenue sekitar pukul 22:22. 

Pelaku penembakan yang diketahui adalah laki-laki masih buron. Polisi belum mengetahui motif penyerangan maupun deskripsi penembaknya.

“Ketika petugas tiba di tempat kejadian, mereka menemukan banyak orang yang keluar dari lokasi, berteriak. Petugas masuk ke lokasi dan menemukan korban tambahan,” kata Meyer.

Meyer mengatakan penyelidik tidak tahu alasan para korban menjadi sasaran. Dia mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah penembakan itu merupakan kejahatan rasial. 

"Kami akan melihat setiap sudut," kata Meyer. 

Tidak ada keterangan senjata yang digunakan selain senjata api.

Meyer mengatakan dia mengetahui beberapa jenis insiden di pinggiran kota tetangga Alhambra, utara Monterey Park. "Kami memiliki penyelidik di lokasi yang mencoba untuk menentukan apakah ada hubungan antara dua insiden ini."

Aparat penegak hukum berada di tempat kejadian di Lai Lai Ballroom & Studio di blok 100 South Garfield Avenue di Alhambra pada Minggu pagi, sekitar dua mil di utara lokasi penembakan di Monterey Park. Tidak jelas apakah aktivitas polisi di lokasi itu sama dengan yang dirujuk oleh Meyer.

Video di media sosial menunjukkan polisi dan unit pemadam kebakaran mengerumuni area di Garvey Avenue dan merawat para korban. Orang yang terluka dibawa ke beberapa rumah sakit di daerah tersebut.

Penembakan massal di Monterey Park adalah salah satu yang terburuk dalam sejarah Los Angeles County modern. 

Salah satu peristiwa serupa yang terakhir terjadi dalam skala sama adalah pada Malam Natal 2008. 

Saat itu seorang pria berpakaian Sinterklas memasuki sebuah rumah di Covina, bersenjatakan lima pistol. Sembilan orang tewas dalam amukan penembakan itu, termasuk mantan istri pria bersenjata itu dan orang tuanya. Pria bersenjata itu bunuh diri beberapa jam kemudian setelah penembakan.

Bukan Terorisme

Netizen Indonesia mengomentari berita penembakan massal di Festival Imlek California AS yang menewaskan 10 orang ini.

"Kenapa kalo kejadiannya di sana headline-nya PENEMBAKAN bukan AKSI TERROR?!" komen akun twitter @gulagarembata.

"Dan yg pasti itu bukan TERORIS, kecuali pelaku penmbakannya muslim, lgsg disebut teroris. Ayo gunakan akal sehat kita," ujar akun @masdari567.