YASSINE BONO Kiper Maroko, Kiper Terbaik Piala Dunia 2022, Hingga Saat Ini Tidak Pernah Kebobolan Oleh Lawan

YASSINE BONO

Dalam satu kesempatan " JUMPA PERS" Mas BONO enggak berbicara dengan bahasa Asing, walau dia mampu berbicara dengan Bahasa English, Espan dan France, dia tetap memilih berbicara dengan bahasa Arab. 

"Saya Orang Arab, saya berbicara dengan bahasa Arab, anda tidak faham, itu problem anda."

***

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa hingga saat ini kiper Maroko tidak pernah kebobolan oleh pemain lawan di Piala Dunia 2022.

Maroko adalah peserta Piala Dunia 2022 yang paling sedikit kebobolan sejauh ini. 

Berhasil tampil mengagumkan, bahkan terus melaju ke babak semifinal, tim asal benua Afrika ini mencatat rekor kebobolan yang fantastis: 1 kali.

Satu-satunya gol yang memerawani gawang Maroko selama perhelatan Piala Dunia 2022 adalah gol bunuh diri pemain Maroko saat mereka melawan Kanada di fase grup F. 

Gol bunuh diri itu dilakukan oleh Nayef Aguerd saat hendak menghalau bola dari serangan pemain Kanada, tapi bola mengarah ke pojok gawang, di mana laga hari itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Maroko.

Adalah Yassine Bounou, kiper berusia 31 tahun yang menjadi sosok penting di balik sterilnya gawang Maroko dari gempuran musuh. 

Tidak kebobolan saat lawan Kroasia (0-0), Belgia (2-0), Spanyol (0-0), Portugal (1-0). 

Yassine Bounou (Arab: ياسين بونو), juga dikenal sebagai Bono, adalah pemain sepak bola profesional Maroko kelahiran Kanada 5 April 1991.

Saat ini ia bermain sebagai kiper untuk klub La Liga Sevilla dan Tim nasional sepak bola Maroko.

Dia menghabiskan sebagian besar karirnya di Spanyol, membuat lebih dari 100 penampilan di La Liga untuk Girona dan Sevilla. 

Pada 2 September 2019, Bono bergabung dengan Sevilla FC di kasta teratas, dengan status pinjaman selama satu tahun. 

Dia menjadi bintang Sevilla saat memenangkan Piala UEFA pada tahun 2020.

Saat Sevilla memenangkan Liga Eropa UEFA 2019–2020, ia mendapatkan pujian atas penampilannya melawan Wolverhampton Wanderers di perempat final saat ia menyelamatkan penalti dari Raúl Jiménez dan meraih kemenangan 1-0. 

Juga dalam kemenangan 2-1 di semifinal atas Manchester United.

Dan akhirnya penyelamatan menentukan dari serangan satu lawan satu Romelu Lukaku, untuk memenangkan partai final Liga Eropa UEFA 2019–2020 dengan skor 3–2 melawan Inter Milan.

Pada 4 September 2020, Bono menandatangani kontrak permanen berdurasi empat tahun dengan tim Andalusia tersebut. 

Tanggal 21 Maret berikutnya, di menit terakhir pertandingan melawan Real Valladolid, dia mencetak gol pertamanya sebagai penjaga gawang profesional untuk mengamankan hasil imbang 1–1.

[Video]