Anies Baswedan Mengenang Cerita: ‘Kakekmu Sahabat Ane’ di Setiap Jumpa Ridwan Saidi!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Budayawan Betawi Ridwan Saidi meninggal dunia pagi ini. Eks Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan ucapan duka atas kepergian sosok Ridwan Saidi atau yang akrab disebut Babe Ridwan Saidi. Ucapan duka itu disampaikan Anies melalui unggahan di akun Instagramnya. Anies menyisipkan foto saat dia sedang bercengkerama dengan Ridwan Saidi.

“‘Anies, kakekmu itu sahabat ane. Jadi ente itu cucu (ane) ya’ selorohnya sambil tertawa, setiap jumpa, Babeh Ridwan Saidi selalu ingatkan,” tulis Anies mengenang mendiang Ridwan Saidi.

Anies mengungkit saat Ridwan Saidi menuliskan obituari saat kakeknya, AR Baswedan, meninggal dunia pada 1986. Namun hari ini, lanjut Anies, menjadi hari kepergian Ridwan Saidi.

“Ketika kakek meninggal di tahun 1986, Babeh Ridwan menuliskan obituari dalam sebuah artikel: Kesaksian Terhadap A.R. Baswedan di majalah Panji Masyarakat No 499, edisi 19 Maret 1986. Pagi ini beliau berpulang. Babeh Ridwan Saidi, seorang aktivis, sejarawan dan budayawan Betawi yang kita banggakan,” kata Anies.

Lebih lanjut, Anies menceritakan dia pernah memberikan sebuah topi gubernur pada hari ulang tahunnya ke-76 pada 2018. Dia belakangan mengetahui topi gubernur itu sering dipakai almarhum Ridwan Saidi saat melakukan giatnya.

“Pada miladnya yang ke-76 di TIM (2018), saya berikan topi gubernur yang ternyata almarhum sering pakai saat jalan ke lapangan,” ujarnya.

Anies mengucapkan rasa dukacitanya atas kepergian Ridwan Saidi yang semasa hidupnya melakukan kerja-kerja kebudayaan, khususnya budaya Betawi.

“Kita di Jakarta merasa kehilangan salah seorang putra Betawi yang selama ini menghibahkan waktunya, energinya, hidupnya untuk pelestarian budaya Betawi. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, serta mengampuni semua khilaf beliau. Al-Fatihah,” kata dia.

Ridwan Saidi Meninggal Dunia

Budayawan Betawi Ridwan Saidi meninggal dunia pagi ini. Sang budayawan meninggal dunia di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan. Berdasarkan keterangan keluarga yang diterima detikcom dari anggota DPR Fadli Zon, Ridwan, meninggal dunia pada pukul 08.35 WIB. Setelah sebelumnya, ia menjalani perawatan akibat pecah pembuluh darah di rumah sakit tersebut.

“Telah berpulang dengan tenang Suami, Ayah, dan Dato kami tercinta Bapak Ridwan Saidi pada hari Ahad, 25 Desember 2023 pukul 08:35 di RSPI Bintaro Tangsel,” demikian keterangan dari pihak keluarga, Ahad (25/12).

Keluarga memohon doa atas kepergian Ridwan Saidi. Keluarga juga meminta maaf atas kekhilafan almarhum semasa hidup. [detik]