Iwan Fals Lantang Bacakan Puisi Kecoa Pembangunan, Netizen: Alhamdulliah Dia Sudah Sadar!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Musisi Iwan Fals kembali jadi bahan perbincangan setelah membawakan puisi WS Rendra berjudul Kecoa Pembangunan pada konser Bertalu Rindu 2, Jumat, 29 Oktober 2022. 

Bagaimana tidak, musisi kenamaan tanah air tersebut membawakan puisi karya WS Rendra berjudul Kecoa Pembangunan yang dikenal full kritik terhadap pemerintah dan rezim. 

Secara garis besar, isi dari puisi karya WS Rendra tersebut berkutat pada masalah pemerintah yang tidak memberikan kehidupan yang layak pada rakyatnya.

Imbasnya, rakyat harus menderita karena hutang negara yang seolah dibebankan pada mereka. Puisi tersebut juga mengkritik sistem pemerintahan yang hanya menguntungkan kaum berdasi.

Cuplikan Iwan Fals membawakan puisi Kecoak Pembangunan itupun viral di media sosial. 

Akan tetapi yang menarik dari semuanya adalah komentar netizen. Warganet banyak yang bersyukur karena Iwan Fals dianggap sudah "kembali ke jalannya" setelah 10 tahun bungkam. 

"Syukurlah kalau Iwan Fals sudah sadar. Memang begitulah, penguasa tidak ada yang baka," komen salah satu netizen. "

Alhamdullilah, Iwan sudah tobat," timpal yang lain.

Masyarakat sempat dibuat kecewa

Jauh sebelum ini, masyarakat sempat dibuat kecewa dengan Iwan Fals. Musisi yang dulu dianggap netral, idealis dan berpihak kepada rakyat sempat dikabarkan beralih mendukung pemerintah. 

Dalam sebuah cuitan Iwan Fals pada 21 Februari 2021 lalu, ayah Rambu Galang Anarki ini bahkan mencuit tentang kemungkinan Joko Widodo menjabat tiga periode. 

"eng ing eng...hmm kan cuma boleh 2 x ya, tapi klo maju jadi wakil presiden boleh nggak, cari presidennya siapa gitu, ahok atau rocky gerung umpamanya," tulis Iwan Fals kala itu. 

Indonesia memang banyak memiliki musisi yang dikenal vokal mengkritik pemerintah. 

Namun jika sosok seperti Iwan Fals terus berada di sisi rakyat, maka itu akan menjadi sesuatu yang sangat berarti. [kabar24]