Guntur Romli jadi bahan tertawaan atas kebodohannya

[PORTAL-ISLAM.ID] Gerombolan buzzer itu benci setengah mati dengan 'Yaman' cuma gara-gara Anies Baswedan yang nenek moyangnya berasal dari Yaman.

Padahal Wali Songo juga dari Yaman. Habib Luthfi juga dari keturunan Yaman.

Dan menurut beberapa penelusuran, penguasa Uni Emirat Arab (UEA) juga berasal dari nenek moyang Yaman.

Salah satu WNI keturunan Yaman, Muhammad Assaewad di akun twitternya menyinggung para buzzer terkait masjid hadiah dari MBZ di Solo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022).

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika atau tiruan yang menyerupai Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi UEA. Pembangunan masjid dirancang mirip aslinya.

Sebagaimana diketahui, masjid tersebut merupakan hibah atau hadiah MBZ untuk Jokowi sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Menurut Muhammad Assaewad, MBZ adalah keturunan (nenek moyangnya) dari Yaman.

"Hari ini akun² buzzeRp yang biasanya anti arab keturunan yaman mengucapkan Terima Kasih atas hibah masjid kepada salah satu tokoh arab dari kabilah keturunan Yaman bermarga Al Nahyan. Fam Al Nahyan & Baswedan sama-sama berasal dari keturunan Hadhramaut Yaman," ujar Muhammad Assaewad di akun twitternya @Muhammad_Saewad, Senin (14/11/2022).

Twit Muhammad Assaewad ini lalu ditanggapi Guntur Romli. 

Politikus PSI itu menuding Muhammad Assaewad penipu terkait klaimnya bahwa MBZ keturunan Yaman.

Dituding sebagai peniput, Muhammad Assaewad cuma mentertawakan Guntur Romli.

"Setelah saya share twit ini (twit Guntur Romli -red) di WAG Keluarga di UEA, Akhirnya cuma jadi bahan tertawaan atas kebodohannya.

Ada yang nanya dia (Guntur Romli -red) belajar dimana? Gugel 😁

Akibat ingin eksis, kebodohan pun kadang di publish.

Tobat & Ngaji sing genah, jgn cm bs kodran-kadrun aja!😁," ungkap Muhammad Assaewad di akun twitternya @Muhammad_Saewad pagi ini, Rabu (16/11/2022).

Beberapa netizen juga menelusuri asal usul MBZ dan buyutnya. Dan dari berbagai penelusuran, apa yang disampaikan Muhammad Assaewad ternyata benar.

"Gw menemukan 4 situs yang menjelaskan bahwa Presiden UEA Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan nenek moyangnya (Klan Al-Nahyan) berasal dari Yaman, tepatnya di Kota Marib," cuit akun King Purwa @BosPurwa.
 
4 referensi tsb:

Zayed bin Sultan Al Nahyan Biography

Kutipan: "Setelah banjir melanda Ma'rib Yaman pada tahun 1982, Zayed membiayai pembangunan bendungan Ma'rib yang sekarang pada tahun 1984. Ini untuk menggantikan bendungan bersejarah yang rusak pada zaman kuno, dan mendukung pertanian dan ekonomi negara. Wilayah Ma'rib dilaporkan asal tempat nenek moyangnya bermigrasi ke tempat yang sekarang menjadi UEA."

Marib

Zayed bin Sultan Al Nahyan

Yemen's Marib: symbolic cornerstone of Arab unity