[BREAKING NEWS] Anwar Ibrahim Resmi Ditetapkan Sebagai Perdana Menteri Malaysia, Allahu Akbar Walillahilhamd

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemimpin oposisi koalisi Pakatan Harapan (PH), Anwar Ibrahim, telah ditunjuk menjadi perdana menteri baru Malaysia pada Kamis (24/11/2022) oleh Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah, usai deadlock karena tak ada pemenang mutlak dalam pemilu yang digelar Sabtu (19/11/2022) lalu.

"BREAKING | Anwar Ibrahim telah dikukuhkan sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia. Pelantikan rencananya akan dilakukan malam ini," demikian berita dari @malaysiakini, Kamis (24/11/2022).

"Setelah mempertimbangkan pandangan Yang Mulia Penguasa Melayu (sultan-sultan Malaysia), Yang Mulia (Raja Abdullah) telah memberikan persetujuan untuk menunjuk Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10," kata pernyataan Istana Negara seperti dikutip media Malaysia Bernama.

Anwar Ibrahim akhirnya menjadi PM baru Malaysia setelah drama panjang karena tak ada pemenang mutlak dalam pemilu akhir pekan lalu.

Berdasarkan hasil pemilu yang keluar pada Minggu (20/11/2022), tak ada satu pun partai atau koalisi berhasil memegang mayoritas.

Menurut konstitusi Malaysia, untuk membentuk kabinet, partai atau koalisi perlu 112 suara (50%+ 1) dari total 222 kursi parlemen. Pemegang mayoritas ini yang berhak memberikan nama calon PM ke raja.

Dalam pemilu, koalisi pimpinan Anwar, Pakatan Harapan (PH), memang meraih suara terbanyak dengan 82 kursi. Namun, angka tersebut tak cukup untuk meraih mayoritas.

Sementara itu, koalisi pendukung Muhyiddin, Perikatan Nasional (PN), hanya mendapat 73 kursi.

Keputusan akhirnya ditetapkan Raja Malaysia setelah memanggil semua pimpinan koalisi dan konsultasi dengan sultan-sultan Malaysia.

Ini adalah buah dari penantian panjang Dato' Seri Haji Anwar Ibrahim. Jatuh bangun pahit getir sudah dialaminya. Dari fitnah sodomi, dipenjara, dijanjikan gantian PM oleh Mahathir pada pemilu lalu, tapi dikhianati, gagal, ikut pemilu lagi, dan akhirnya hari ini Insya Allah akan resmi dilantik sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia.

Semoga dilancarkan dan diberkahi.

Bayangkan, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahrim, dan Presiden RI Anies Baswedan. Keren bukan? Semoga.
Baca juga :