Surya Paloh Restui Duet Anies-AHY

[PORTAL-ISLAM.ID] Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadang bakal berduet pada Pilpres 2024. 

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan jika duet Anies-AHY membawa kebaikan maka akan dia restui.

"Kalau saya orang tua ini apa, kalau yang baik-baik pasti saya restui," kata Surya Paloh, saat ditemui di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Dia pun tak menampik saat ditanyai apakah Anies-AHY akan dideklarasikan oleh mitra koalisi antara NasDem, PKS dan Demokrat. Namun, duet Anies-AHY masih perlu dibahas lebih lanjut.

"Bisa saja, tapi itulah yang barangkali harus dimatangkan," ucapnya.

Surya paloh pun mengakui, bahwa saat ini pihaknya tengah mencari dan meneliti lebih dalam dari berbagai aspek. Sehingga, sosok yang dipasangkan dengan Anies mampu membawa kemenangan.

"Sedang kita nominasikan, kita cari, kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda bahasa dari berbagai aspek, yang memungkinkan hingga pasangan Pak Aniesnya seperti yang diharapkan beliau sebagai capres," ungkap Surya Paloh.

Kendati demikian, untuk memutuskan siapa sosok yang tepat untuk mendampingi Anies, Surya Paloh menyebut, menjadi sepenuhnya kewenangan Anies.

"Sudah saya serahkan kepada Pak Anies," imbuhnya.

Anies Pilih AHY jadi Cawapres

Pertemuan Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, Demokrat dan PKS berlangsung di kediaman pribadi Anies Baswedan, Selasa (25/10/2022). 

Rupanya, sebelum tim kecil datang, Politikus Demokrat Benny K Harman sempat bicara empat mata dengan Anies.

Sumber merdeka.com membocorkan, Anies mengakui tak mungkin mengambil cawapres dari PKS. Karena dinamika politik yang terjadi saat ini. "Nanti saya dianggap terlalu kanan," kata Anies kepada Benny ditirukan sumber.

Koalisi ini sepakat bahwa tujuannya adalah harus menang di Pemilu 2024. Oleh sebab itu dibutuhkan konfigurasi yang tepat dalam menentukan Cawapres.

"Saat ini yang sangat mungkin dengan teori kemenangan itu adalah AHY," ujar Anies lagi kepada Benny ditirukan sumber.

Benny Harman belum bisa dikonfirmasi terkait perbincangannya dengan Anies Baswedan kemarin. 

(Sumber: Merdeka)