Kapten Feyenoord, Orkun Kökçü, yang beragama Islam menolak memakai ban kapten LGBT

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kapten tim sepakbola Belanda Feyenoord, Orkun Kökçü, yang beragama Islam menolak memakai ban kapten LGBT:

"Saya pikir penting bagi saya untuk menekankan bahwa saya menghormati semua orang tanpa memandang agama, latar belakang atau preferensi. Namun, karena keyakinan agama saya, saya bukan orang yang tepat untuk mendukung kampanye ini." [Ozan Kökçü]

Seorang pemain sepak bola Timnas Turki Orkun Kökçü, yang bermain untuk Feyenoord dari tim Belanda, mengatakan bahwa dia tidak akan mengenakan ban kapten dengan warna pelangi (sebagai bagian dari kampanye LGBT).

Feyenoord menghadapi AZ Alkmaar di laga ke-10 Liga Eredevisie Belanda pada Minggu, 16 Oktober 2022 lalu.

Orkun Kökçü, kapten tim Feyenoord, menolak mengenakan ban kapten warna pelangi karena alasan agama, meskipun ia masuk di starting line-up saat menghadapi AZ Alkmaar. 

Orkun Kökçü, yang membuat pernyataan tentang masalah ini di situs web resmi Feyenoord sebelum pertandingan, mengatakan:

"Saya pikir penting untuk menekankan bahwa saya menghormati semua orang tanpa memandang agama, latar belakang atau preferensi mereka. Saya percaya bahwa setiap orang bebas untuk melakukannya. Apa pun yang mereka inginkan atau rasakan. Saya memahami pentingnya tindakan ini dengan sangat baik, tetapi karena keyakinan agama saya, Saya merasa bukan orang yang tepat untuk mendukungnya. Itu sebabnya saya tidak merasa nyaman memakai ban kapten ini. Saya bisa membayangkan beberapa orang kecewa karena sikap saya ini. Tapi saya berharap pilihan agama saya juga dihormati," katanya.

Ban kapten diberikan kepada pemain lain

Feyenoord kemudian menunjuk Gernot Trauner yang menjadi kapten dalam pertandingan itu, bukan Orkun Kökçü.

Feyenoord menang atas AZ Alkmaar 

Dalam pertandingan itu, Feyenoord berhasil mengalahkan tuan rumah AZ Alkmaar dengan skor 3-1. Orkun Kökçü turut menyumbang satu gol untuk kemenangan Feyenoord yang kini menempati peringkat 3 di klasemen sementara Liga Eredevisie Belanda dengan poin 23, dibawah Ajax (25) dan PSV (24). 

Siapa Orkun Kökçü?

Orkun Kökçü lahir pada 29 Desember 2000 di Haarlem, Belanda. Dia adalah pemain sepak bola nasional Turki yang tumbuh di Belanda, bermain di lini tengah (gelandang). Dia bermain untuk Feyenoord, salah satu tim Eredivisie.
Saudaranya bermain untuk tim nasional Azerbaijan

Keluarga Orkun Kökçü berasal dari desa Suvermez di distrik Emirdağ di provinsi Afyonkarahisar. Dia adalah saudara dari pemain sepak bola profesional Ozan Kökçü, yang bermain di Sabah FC di liga Azerbaijan dan juga bermain untuk tim nasional Azerbaijan.

Pada usia 17, ia bermain untuk Feyenoord

Orkun Kökçü bergabung dengan akademi pemuda Feyenoord pada tahun 2014. Pada 17 September 2018, ia melakukan debut untuk Feyenoord pada usia 17 tahun dan mencetak gol kedua Feyenoord di babak pertama KNVB Cup dengan kemenangan 4-0 melawan VV Gemert. Ia memainkan pertandingan pertamanya di Eredivisie melawan FC Emmen pada 9 Desember 2018. Pada 10 April 2019, ia memperpanjang kontraknya dengan Feyenoord hingga 2023.

Karier Tim Nasional

Ia bermain untuk tim nasional Belanda U-17, U-18 dan U-19. Orkun Kökçü mengumumkan bahwa dia ingin bermain untuk Turki pada 2019. Pada 6 September 2019, ia mengenakan jersey tim U-21 Turki untuk pertama kalinya dalam pertandingan kualifikasi Kejuaraan U-21 Eropa UEFA 2021, di mana mereka kalah 3-2 dari tim Inggris U-21. Pada 28 Agustus 2020, ia dipanggil ke tim nasional sepak bola Turki.

*Sumber: