Dzikir Setelah Shalat itu Fleksibel

Dzikir Setelah Shalat

Ustadz Fahmi Hasan Nugroho

Urutan dzikir bakda shalat itu bukan dari Rasul, itu murni ijtihad saja. Banyak riwayat yang datang dari Rasulullah tentang dzikir bakda shalat dan datang dengan berbagai macam redaksi, tapi tidak dengan urutan istighfar lalu baca apa dan baca apa sampai akhir dzikir.

Syekh Yusri dalam pengajian Sunan Tirmidzi menyatakan bahwa ragamnya riwayat dzikir itu membuat kita bebas untuk memilih dzikir mana yang mau dibaca, kata beliau "al-amr wasi'", ini perkara fleksibel. Jadi dibawa santai aja dan gak usah kaget lihat urutan bacaan dzikir yang beda-beda.

Di hadis yang ada di foto di bawah ini (lihat gbr di bawah) dikatakan bahwa setelah Shalat Rasulullah duduknya bentar banget, cuma sekitar baca Allahumma antassalam wa minkassalam tabarakta dzal jalali wal ikram.

Dari Aisyah ra berkata: “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila sudah salam, beliau tidak duduk kecuali sebatas membaca: Allahumma antassalam waminkassalam tabarokta dzaljalali walikrom (Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang memberikan keselamatan, dan dari Mu datang keselamatan, Mahasuci Engkau wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan)." [HR. Muslim (592), Abu Dawud (1512), At- Tirmidzi (298), Ahmad (6/ 184)].

Dari sini juga dipahami bahwa yang mau dzikir panjang ya mangga, yang mau dzikir pendek ya mangga. Yang dzikir panjang ga usah nyinyir, yang dzikir pendek ga usah minder. Al-amr wasi'... ini perkara fleksibel.

👇👇👇