Pemerintah Indonesia Baik Banget Sama Cina

[PORTAL-ISLAM.ID] Pemerintah Indonesia yang dipimpin Presiden Joko Widodo Baik Banget Sama Cina...  

(1) Dulu perusahaan kereta cepat China rugi gila-gilaan, lalu Indonesia jadi saudara yang baik lewat proyek KCIC (Kereta Cepat Indonesia-China) alias Kereta Cepat Jakarta-(Tidak Sampai) Bandung. Yang awalnya tanpa APBN (janji awal Jokowi), lalu ternyata akhirnya pakai duit APBN dengan nilai proyek yang membengkak gila-gilaan.

(2) Sekarang banyak pabrik mobil listrik China yg terancam bangkrut, lalu ada program penggantian kendaraan dinas dan subsidi mobil listrik dari pemerintah Indonesia.

189.803 Kendaraan Dinas Pemerintah Akan Diganti Mobil Listrik Bertahap

Hore, Beli Mobil Listrik Bakal Dapat Subsidi dari Pemerintah

Pemerintah Jokowi saat umumkan kenaikan harga BBM Subsidi berdalih bahwa subsidi tidak tepat sasaran, bahwa subsidi dinikmati orang-orang kaya... Lah sekarang malah orang kaya disubsidi untuk beli mobil listrik.

Sekedar info saja, kebangkrutan produsen mobil listrik China sebagian besar justru akibat kebijakan subsidi pemerintah kepada industri mobil listrik. Ceritanya begini:

Dulu pemerintah pusat dan daerah di China punya kebijakan subsidi gila2an untuk industri mobil listrik. Sedemikian gilanya sehingga nilai subsidi untuk tiap unit lebih tinggi dari biaya produksinya.

Akibatnya terjadilah moral hazad, produsen berlomba memproduksi sebanyak2nya mobil listrik dgn modus penjualan fiktif. Tujuannya hanya untuk dapat uang subsidi. Setelah subsidi dihapus maka banyak yg bangkrut karena tidak punya pasar yg riil.

Indonesia diperkirakan akan cukup membantu industri mobil China jika program peralihan ke kendaraan listrik yg progresif berjalan mulus. Dimulai dari pengurangan subsidi BBM dan mengalihkannya menjadi subsidi kendaraan listrik.

CKCKCKCK

(Sumber: akun twitter @PartaiSocmed)