Prabowo Resmi Nyatakan Maju Capres 2024, Masih Laku?

[PORTAL-ISLAM.ID] SENTUL - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan bahwa ia akan maju menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo mengumumkan kesediaannya maju pada Pilpres 2024 di hadapan ribuan kader dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Keputusan ini merupakan jawaban Prabowo atas aspirasi seluruh kader Gerindra yang menginginkannya maju sebagai capres.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia,” kata Prabowo di hadapan ribuan kader.

Sebelum menerima pinangan atas dorongan kader, Prabowo telah mempelajari dan mendengarkan sikap para kader, mulai dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) hingga organisasi sayap partai.

Menurut dia, para kader mengharapkannya untuk menerima permintaan mereka.

Seiring dengan dipenuhinya keinginan para kader, Prabowo menyatakan siap berjuang untuk bangsa dan rakyat Indonesia.

“Saya siap terus berjuang untuk bangsa negara dan rakyat Indonesia tercinta, seluruh jiwa saya persembahkan untuk Ibu Pertiwi,” ucap dia, dilansir Kompas.

Masih Laku?

Banyak netizen yang menganggap Prabowo gak bakal laku di Pilpres 2024 setelah bergabung menjadi bawahan (Menteri) Jokowi. Banyak mantan pendukung Prabowo di Pilpres 2019 sudah kecewa dan kapok tidak akan lagi memilih Prabowo.

Namun, hasil survei menunjukkan Prabowo masih menjadi capres teratas.

Berdasar survei terbaru yang dilakukan lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS), elektabilitas Ketum Gerindra Prabowo Subianto tembus 30,2%.

Berdasarkan keterangan tertulis IPS, Rabu (10/8/2022), survei IPS dilaksanakan pada tanggal 1-8 Agustus 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, margin of error survei +- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. 

Dalam survei ini, IPS menanyakan kepada responden soal Pilpres 2024. Pertanyaannya adalah, 'Seandainya saat ini dilaksanakan pilpres, siapakah yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih dari sejumlah tokoh?'

Hasilnya...

Prabowo Subianto: 30,2%
Ganjar Pranowo: 19,8%
Anies Baswedan: 18,9%
Ridwan Kamil: 7,2%
Sandiaga Uno: 5,7%
Agus H Yudhoyono: 4,4%
Erick Thohir: 3,7%
Puan Maharani: 2,9%
Airlangga Hartarto: 2,5%
Muhaimin Iskandar: 1,9%
Undecided: 2,8%

"Secara umum belum ada perubahan preferensi capres dibandingkan survei IPS sebelumnya. Hanya Prabowo Subianto yang mengalami peningkatan elektabilitas, sementara elektabilitas tokoh-tokoh lain cenderung stagnan," kata peneliti senior IPS, Alfin Sugianto, seperti dilansir detikcom.

"Hasil survei IPS kali ini menegaskan bahwa untuk pertama kalinya elektabilitas Prabowo Subianto menembus angka 30%. Padahal selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu belum banyak melakukan gerakan di masyarakat dan dideklarasikan sebagai sebagi capres oleh komunitas-komunitas," imbuh Alfin Sugianto.

Berpasangan dengan Siapa?

Selama ini ada dua nama yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Prabowo.

Nama yang pertama adalah Puan Maharani. Pasangan Prabowo-Puan sudah lama digadang-gadang akan diusung di Pilpres 2024 jika PDIP berkoalisi dengan Gerindra.

Nama kedua yang muncul akhir-akhir ini adalah Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin, jika Gerindra berkoalisi dengan PKB.

Pasangan Prabowo-Gus Muhaimin dinilai bakal menang.

"Didampingi Gus Muhaimin Joss itu.. Insya Allah Juara," kata @HeriFirdausas.