Sedekah Brutal Gila-Gilaan di Bulan Ramadhan, Diganjar dengan Hadiah Haji Furoda

Body
HADIAH FURODA

Oleh: Dewa Eka Prayoga

Tadinya Saya gak mau menceritakan ini, tapi setelah Saya pikir-pikir, semoga cerita ini jadi syiar dan Detonator Kebaikan buat banyak orang. Aamiin… Bismillah.

“Barangsiapa yang menunjukki kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim)

Jadi ceritanya Saya dan istri itu gak ada rencana haji tahun ini. Kenapa? Karena memang plan kami bukan di tahun ini. Dijadwalkannya sih tahun depan. Sesimpel itu aja alasannya. Hehe 😁

Karena kalau udah direncanakan, Saya pasti jadwalkan jauh-jauh hari, termasuk segala bekal persiapannya, mulai dari bekal hati dan hartanya. Konon kataya, Furoda itu harganya mahal. Dan ternyata benar, kami berdua aja berangkat hampir 700 juta. Allah ya rabb… 

Pada mulanya Saya gak yakin bisa daftar. Kenapa? Karena uang di tabungan kami habis. Sisa dikit. Gak cukup lah pokoknya.

Tapi istri berharap haji tahun ini. Tanpa menunjukkan rasa resah dan gelisah, Saya tetap pasrah dan ikhtiyar terbaik.

Beberapa kawan dekat sempat gak percaya dan bertanya, “Ah, gak percaya, masa kang Dewa gak punya tabungan…”.

Bukan tanpa sebab, karena kami baru aja ngabisin tabungan pasca Ramadhan. Menjadi komitmen kami, setiap Ramadhan pengen Sedekah Brutal Gila-Gilaan, melepas kemelekatan diri pada harta, pokoknya hajar bleh gila-gilaan. Soal angkanya, biarkan Allah saja yang tahu. Gak perlu Saya ceritakan.

Oleh karena itu, saldo kami untuk bayar furoda dua orang (Saya dan Istri) itu gak cukup. Udah dihitung bolak-balik, tetap aja gak cukup. Kalaupun cukup, harus nunggu bulan depan. Setelah bagi-bagi japrem, alias bagi hasil. Hehe

Dan Qodarullahnya lagi, dalam waktu bersamaan, dua mobil kami (Range Rover dan Mini Cooper) kompakan pengen service barengan. Gak tahu kenapa kok bisa bareng gitu. Gokil banget lah pokoknya. Dan angka servicenya ternyata gak biasa, karena memang bukan service biasa, lebih ke treatment khusus, mulai dari ganti power stearing sampai ABS. Angkanya, subhanallah banget pokoknya, total 70 juta lebih. Tim Saya di kantor aja kaget dengernya. Makin aja nih duit buat bayar Furoda kurang. Deg-degan. Hahaha…

Singkat cerita, ada transferan dari salah satu perusahaan. Alhamdulillah, angkanya cukup besar. 100 juta lebih. Tapi Saya niatkan, karena udah ditagih dan ditanya sama co-Founder DeEP-Foundation, Rendy Saputra, yaudah Saya niatkan lagi uang tersebut buat Sedekah. Bismillah…

Memang rada sedeng sih, bukannya diniatkan bayar Furoda, eh malah disedekahin. Tapi ya itu, kalau udah komit tapi gak dijalanin, terasa ada yang kurang. Meskipun di bulan sebelumnya udah pol-polan. Tapi yaudah deh, cusss!

Pas mau transfer, eh ternyata kena limit. Maklum, di waktu yang bersamaan, Saya harus transfer buat gaji tim yang ada di bawah Saya langsung plus buat bayar-bayar segala hal.

Kala itu, Saya terjadwal ke Jakarta untuk konsultasi dan halaqoh rutin bareng Ustadz Bendri, guru parenting kami. Sepanjang nyetir, Saya pasrah total sama Allah, “Ya Allah, kalau memang Engkau takdirkan kami berangkat Haji tahun ini, hamba bersyukur. Namun jika memang belum waktunya, hamba ridho…”.

Eh gak selang beberapa lama, ada chat masuk lewat WhatsApp. Namanya juga lagi nyetir, Saya gak langsung buka. Cuma dari namanya, ini chat masuk dari sahabat dekat Saya. Intinya, beliau mendoakan soal niat Haji kami tahun ini. Mendoakan terbaik.

Tapi gak cuma sekadar itu…

Sahabat Saya ini juga cerita, “Maaf ya kang gak bisa bersamai Haji tahun ini. Dulu kan kita udah janji bakal haji bareng-bareng, tapi Qodarullah Saya belum bisa berangkat. Doain kami dari sana ya kang..”.

Dan beliau melanjutkan, “Ini kang ada sedikit bekal dari kami. Gak banyak, tapi semoga membantu akang dan teh Wiwin…”.

Sambil intip-intip chat di layar Handhone, sembari nyetir, Saya penasaran, “Wah, ada ngasih bekal segala. Ngasih bukti transferan pula. Saya curiga…”.

Ya. Saya curiga, karena orang ini kalau udah bagi-bagi angkanya rada gila. Padahal dia tahu, Saya mampu (Alhamdulillah). Tapi ya gitu.

Dan benar, Saya pun terkejut.

Saat Saya membuka screen shoot bukti transfernya, saat itu juga Saya haru menahan tangis. Bukan soal angkanya saja, tapi bagaimana Allah begitu sayang sama kami dan memberikan pertolongannya (lagi-lagi) di detik-detik kami sudah pasrah total dan tawakkal.

Siapapun akan kaget, ketika ada uang masuk 300 juta rupiah masuk ke rekeningnya di saat kebutuhan benar-benar penting dan mendesak. Allahu Akbar! 😭😭😭

Ya. Bekal yang dia transfer ternyata 300 juta.

Dalam hati spontan Saya bergumam, “Ya Allah ya rabb, ini mah angkanya senilai budget Haji Furoda untuk satu orang”. Allah ya rabb…

Ini bukan pertama kalinya Allah memberikan hadiah kejutan buat Saya dan keluarga. Berbagai pertolongan dan keajaiban selalu Allah hadirkan. Mulai dari lepasnya lilitan hutang miliaran, lolosnya dari sakit yang mematikan, dihadirkannya tim penjualan yang loyal dan militan, dipertemukannya dengan partner-partner bisnis yang sevisi dan sevalue, dilapangkannya hati dan harta untuk berbagi, dan pertolongan-pertolongan Allah lainnya. MasyaaAllah…

Sekali lagi, inilah peristiwa iman.

Dalam kondisi sulit dan pelik, jangan pernah kehilangan iman. Jangan pernah hilang keyakinan. Jangan pernah putus asa dalam rahmat-Nya. Masih ada Allah yang Maha Besar. Kun Fayakun Allah itu nyata. Ada. Beneran ada.

Buat yang berhutang, lunas.. maka lunaslah.

Buat yang sedang sakit, sembuh.. maka sembuhlah.

Buat yang lagi sulit, selesai… maka selesailah.

Buat yang belum punya keturunan, jadi.. maka jadilah.

Sekali lagi, Kun Fayakunnya Allah itu nyata.

Tugas kita beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

"Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu, sungguh Allah Maha mengetahui." (QS. Ali 'Imran: 92)

Karena pertolongan Allah yang datang dari arah yang tak disangka-sangka itu hanya untuk mereka yang bertaqwa kepada-Nya.

Banyak-banyak ibadah.
Banyak-banyak sedekah.
Banyak-banyak pasrah.

Semoga Allah menolong kita dari arah yang tak disangka-sangkda dan tak diduga-duga. Kejutan! Bener-bener kejutan. Mengagetkan!

Mendoakan terbaik….

Semoga Allah menjadikan keluarga orang yang memberikan hadiah Furoda untuk Saya ini menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, dan diberikan keturunan yang sholeh & sholehah, serta jadi Qurrota a’yun. Aamiin…

Mendoakan terbaik juga buat kawan-kawan semua, siapapun yang baca postingan ini, semoga Allah berikan hadiah kejutan terbaik untuk pergi umroh atau haji ke baitullah sesuai kehendak-Nya di waktu terbaik-Nya. Aamiiin…

06/07/2022

(fb penulis)


Baca juga :