Putri Zulkifli Hasan Gugat Cerai Anak Amien Rais

[PORTAL-ISLAM.ID] Sosok Futri Zulya Savitri, anak dari Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sedang menjadi perbicangan setelah dikampanyekan oleh sang ayah saat pembagian minyak goreng gratis.

Aksi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat membagikan minyak goreng program Kementerian Perdagangan, Minyakita, di Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Sabtu (9/7/2022) menjadi sorotan.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan membagikan minyak goreng murah kepada warga.

Zulkifli Hasan lantas meminta warga untuk memilih putrinya, Futri Zulya Savitri, dalam pemilu mendatang yang akan mencalonkan sebagai Anggota DPR RI.

Ternyata, Futri Zulya Savitri tengah menggugat cerai putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais. 

Gugatan cerai sudah dilayangkan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan awal Februari lalu.

“Februari awal (dimasukkan gugatan), saya lupa tanggalnya,” kata kuasa hukum Futri Zulya Savitri, Wijayono Hadi Sukrisno, saat dihubungi kumparan, Selasa (5/4/2022). 

Sebelum memutuskan untuk berpisah, Ahmad Mumtaz Rais dan Futri Zulya Savitri membina rumah tangga sejak 2011 dan dikarunai dua anak.

Hingga saat ini gugatan cerai ini masih berposes, belum ada keputusan Pengadilan Agama.

Bukan Karena Politik

Perceraian putri Zulkifli Hasan, Futri Zulya Savitri dengan putra Amien Rais, Mumtaz Rais, sempat dikaitkan dengan urusan politik. Kali ini, Mumtaz Rais tegas beri bantahan.

Sempat ramai perceraian Futri Zulya dengan Mumtaz Rais ada kaitannya dengan hubungan politik antara Zulkifli Hasan dengan Amien Rais.

"Yang pasti tidak ada permasalahan politik. Sungguh-sungguh betul hanya permasalahan rumah tangga biasa," tegas Ahmad Mumtaz Rais saat sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022), dilansir detiknews.

"Namanya 12 tahun menikah pasti ada cekcok," lanjutnya.

Mumtaz Rais juga membantah soal adanya perbedaan pandangan hidup. Putra kedua politikus Amien Rais itu menegaskan pandangan dirinya dengan Futri Zulya masih sama dan sejalan.

"Pandangan kita tetap satu pada Allah SWT," jawab Mumtaz Rais.

Perihal adanya kaitan politik juga sudah dijawab oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi seperti dilansir dari detiknews.

"Persoalan ini adalah urusan internal rumah tangga Mas Mumtaz dan Mbak Futri. Sama sekali tidak ada kaitannya dengan politik. Tidak ada hubungannya antara PAN dan Partai Ummat, atau tidak ada hubungan politik antara Bang Zulkifli Hasan dengan Pak Amien Rais," tulis keterangan Viva Yoga Mauladi.

"Semua orang tua pasti menginginkan agar anak-anaknya dapat hidup sehat, sukses, dan bahagia. Dapat melangsungkan kehidupannya dengan baik," tuturnya.

Viva Yoga menyebut Zulhas menilai Mumtaz Rais dan Futri telah menjadi orang tua yang baik bagi anak mereka. Dia menambahkan Mumtaz dan Futri adalah manusia dewasa yang bisa menentukan hidup mereka secara mandiri.

"Menurut Bang Zulkifli Hasan, Mumtaz dan Futri sudah menjadi orang tua dari anak-anaknya. Sudah dewasa dan sudah dapat menentukan jalan hidupnya secara baik, mandiri, dan bertanggung jawab," katanya.

"Bang Zulkifli Hasan sekeluarga sudah beberapa kali bertemu dengan Pak Amien Rais. Hubungan kekeluargaan terus baik dan komunikatif. Beliau berdua selalu mendukung keputusan yang terbaik buat Futri, Mumtaz, dan anak-anaknya," tambahnya.

Ahmad Mumtaz Rais memutuskan untuk terjun ke dunia politik seperti ayahnya. Ia mewakili Partai Amanat Nasional atau PAN sebagai Anggota DPR RI. Pada 2014, ia sukses menjadi anggota DPR mewakili Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

Pada Pemilu 2019, Ahmad Mumtaz Rais mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI, namun tak terpilih. Dalam momen itu, ia sempat mengkritik kakaknya, Hanafi Rais.

Kala itu, Hanafi Rais memutuskan mundur dari Fraksi sekaligus kepengurusan PAN periode 2020-2025, tepatnya tanggal 5 Mei 2020, setelah terjadi perselisihan antara Zulkifli Hasan dengan Amien Rais yang menyebabkan pendiri PAN itu keluar dari PAN dan mendirikan Partai Ummat.(*)