Besok Ahad 10 Juli 2022 Pemprov DKI akan Gelar Shalat Iduladha 1443 H di JIS, Khatibnya KH Syukron Ma’mun

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak umat Islam di Ibu Kota untuk sholat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS). Ibadah sholat Idul Adha akan dilaksanakan pada Ahad (10/7/2022).

Anies menjelaskan, pelaksanaan sholat Idul Adha di JIS sama dengan ketika sholat Idul Fitri 1443 Hijriah. Lokasinya di sisi barat hingga setengah bagian utara dan selatan JIS.

"Lokasinya sama, prosesnya sama, mulainya jam 06.30 pagi," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Tokoh Sesepuh Nahdlatul Ulama sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta, KH Syukron Ma’mun, akan bertindak sebagai khatib shalat Iduladha 1443 H di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad pagi, 10 Juli 2022. 

“Direncanakan yang menjadi khatib adalah Prof. KH. Syukron Mam’un, serta imam salat Ied adalah KH Muhammad Ali,” ungkap Plh. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada warga yang ingin berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib, melengkapi vaksin ketiga (booster), dan tetap memakai masker meski di ruang terbuka. 

Sigit mengatakan, pelaksanaan salat Ied berjamaah ini telah melakukan koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, serta Lembaga-lembaga Islam lainnya, yang pada prinsipnya menyatakan, pelaksanaan salat Iduladha di JIS ini telah sesuai dengan kaifiat salat Iduladha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta.

“Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Iduladha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan,” tutur Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menerangkan, berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Idulfitri di JIS juga sudah disiapkan, seperti tempat wudlu, tempat parkir, dan toilet. Meski telah disediakan tempat wudlu, disarankan untuk wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

“Segala sesuatu keperluan saat salat Ied sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Ied berjamaah dapat berjalan sukses. Oleh karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung, dan lengkapi vaksinasi boosternya. Semoga salat Ied nanti dapat mendukung #LebaranAman&Sehat di Jakarta,” imbuh Sigit

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka gerai vaksinasi, termasuk booster, sebanyak 1.000 dosis per hari menggunakan mobil keliling di JIS mulai 8-10 Juli 2022. Adapun jadwal vaksinasi di JIS:

- Jumat (8/7), pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjakarta, sebanyak 1.000 dosis

- Sabtu (9/7), pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjkarta, sebanyak 1.000 dosis

- Ahad (10/7), pukul 05.00-12.00, di Ramp Barat dan Ramp Timur, sebanyak 2.000 dosis.

(*)
Baca juga :