Astronot Malaysia Menjadi Muslim Pertama yang Shalat di Luar Angkasa

[PORTAL-ISLAM.ID]  Viral video Astronot Malaysia yang shalat di Luar Angkasa.

Inilah Sheikh Muszaphar Shukor yang menjadi astronot Malaysia pertama yang pergi ke luar angkasa. Dia juga merupakan muslim pertama yang melakukan shalat di luar angkasa. 

Pengalaman Sheikh ini dituangkan dalam film dokumenter yang berisi aktivitasnya saat berada dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station - NASA) selama 10 hari.

Sebagai astronot Malaysia pertama, Sheikh berkesempatan mengunjungi ISS pada 10 Oktober 2007 lalu dengan menumpang pesawat luar angkasa milik Rusia, Soyuz TMA-11. Kegiatan yang dilakukan Sheikh di dalam ISS terekam kamera dan dijadikan dokumenter.

Ekspedisi Sheikh Muszaphar Shukor di luar angkasa ini bertepatan dengan bulan Ramadan saat itu, sehingga Majelis Fatwa Nasional Malaysia sengaja menerbitkan buku petunjuk pertama bagi umat muslim yang tengah berada di luar angkasa. 

Buku petunjuk berjudul 'Guidelines for Performing Islamic Rites' ini terdiri atas 18 halaman yang berisi petunjuk-petunjuk dan tips, seperti bagaimana melakukan ibadah salat dalam lingkungan yang minim gravitasi, mencari posisi Mekkah dari luar angkasa, bagaimana menentukan waktu salat dan hal-hal lain berkaitan dengan ibadah puasa di luar angkasa.

Sheikh yang merupakan seorang ahli bedah ortopedi ini, terpilih menjadi astronot Malaysia pertama bersama dengan seorang dokter gigi militer bernama Faiz Khaleed sebagai astronot cadangan. Keduanya mendapat pelatihan intensif selama 18 bulan di Rusia sebelum salah satunya terbang ke luar angkasa.

[VIDEO]